Trik Produksi ASI di Bulan Puasa

Ilustrasi ibu-ibu menyusui.
Sumber :
  • REUTERS/Christinne Muschi

VIVA.co.id – Proses menyusui, memungkinkan kaum ibu untuk meningkatkan kualitas asupannya sehari-hari. Namun, banyak yang merasa sulit memproduksi ASI di saat bulan puasa tiba.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

Saat berpuasa, asupan di siang dan sore hari, memang tidak bisa sebanyak biasanya. Kadar ASI yang dihasilkan, jika nutrisi yang dikonsumsi tidak seimbang, juga tidak akan sebanyak di bulan biasa.

"Untuk meningkatkan produksi ASI dibutuhkan asupan cairan yang cukup serta tambahan protein sebesar 20 gram per hari. Asupan kacang-kacangan sangat baik untuk meningkatkan kualitas ASI. Tapi, banyak ibu menyusui yang kesulitan memproduksi ASI di siang hari saat berpuasa," ujar spesialis gizi, dr. Diana Suganda M.Kes, Sp.GK., beberapa waktu lalu.

Netizen Komentari Bentuk Tubuh Aurel Hermansyah, Atta Halilintar Heran

Di saat bulan puasa tiba, Diana menuturkan bahwa ibu menyusui tetap bisa berpuasa. Untuk tetap bisa memberikan kebutuhan ASI untuk si kecil, siasati dengan melakukan pompa ASI di malam hari.

"Bisa pompa di malam hari, di saat produksi ASI sudah dikumpulkan oleh tubuh. Hal ini sangat memungkinkan karena biasanya usai makan sahur, akan dimetabolisme, dan di malam hari bisa diubah jadi ASI," ujar Diana.

Mom Uung dan Lesti Kejora Bersatu dalam Lagu Menyerah untuk Semangati Para Ibu

Menurutnya, saat produksi ASI habis, bukan berarti tubuh tidak memiliki cadangan untuk membentuk ASI. "Saat satu cc ASI keluar, pada saat yang sama satu cc ASI akan diproduksi juga," ujar dokter yang bekerja di Rumah Sakit Pondok Indah Grup.

Produksi ASI dalam jumlah banyak tersebut idealnya dapat terbentuk berdasarkan asupan nutrisi yang tepat. Selain itu, Diana juga menganjurkan konsumsi air putih yang mencukupi, yakni 12 gelas per hari selama bulan Ramadan.

"Sebaiknya habis menyusui, segera minum air putih sebagai 'isi ulang' atau persiapan ASI selanjutnya. Paling utama adalah 12 gelas air putih, disertai buah dan sayur," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya