Berapa Usia Kandungan Ibu Hamil Sebaiknya Tak Berpuasa?

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Tidak ada larangan untuk berpuasa bagi para wanita hamil. Namun, di beberapa kondisi saat hamil, memang tidak dianjurkan berpuasa, agar mencegah bahaya pada ibu mau pun janin.

Azab, Dosa Membatalkan Puasa Secara Sengaja di Bulan Ramadhan Ternyata Sangat Besar

Saat berpuasa, asupan dalam tubuh per harinya akan berkurang. Hal ini berakibat pada asupan ke janin yang juga berkurang.

"Selama asupan gizi ibu hamil mencukupi dan seimbang, berpuasa diperbolehkan. Namun, kondisi tertentu memang tidak dianjurkan, karena ditakutkan memberi dampak lebih buruk pada bayi," ujar spesialis gizi RS Pondok Indah Bintaro, dr. Diana Suganda M.Kes., Sp.GK., beberapa waktu lalu.

Viral Curhat Wanita Soal Janinnya yang Tiba-Tiba Hilang, Kok Bisa?

Menurut Diana, ibu hamil yang masih di trimester awal, sebaiknya tidak berpuasa terlebih dahulu. Sebab, masih ada kemungkinan untuk mual dan muntah di masa tersebut.

"Trimester awal itu adalah pembentukan pondasi pada janin, makanya ibu akan sering mual dan muntah, jadi sebaiknya jangan puasa dulu. Kondisi lain seperti yang hamil ganda (kembar) dan alami anemia saat hamil," lanjut Diana.

7 Golongan Orang yang Tidak Wajib Melaksanakan Puasa, Apakah Kamu Termasuk?

Tidak hanya itu, saat ibu hamil disertai penyakit diabetes melitus, tidak dianjurkan untuk berpuasa. Hal ini lantaran kebutuhan gula dalam tubuh, bisa berkurang, dan menutup nutrisi untuk janin dalam kandungan.

"Saat diabetes, gula darah berbeda dengan yang normal, sehingga nutrisi ke janin bisa berkurang. Selain itu, jika ibu hamil merasa pusing hingga mata berkunang-kunang, artinya tubuh kekurangan glukosa dan ini berbahaya juga untuk janin, jadi sebaiknya tidak puasa dulu."

Marcello Tahitoe

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Ello atau yang bernama asli Marcello Tahitoe baru-baru ini telah berbagi kabar gembira kepada publik. Sang istri, Cindy Maria Tahitoe, tengah mengandung anak kedua mereka

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024