Konsumsi Kopi Sebelum Olahraga, Amankah?

Kopi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Ketika olahraga, tubuh butuh asupan energi dan cairan untuk menutupi kebutuhan cairan yang sempat terbuang. yang cukup baik sebelum dan juga sesudahnya. Berbagai suplemen dan minuman energi seringkali menjadi pilihan. Tapi bagaimana dengan mengonsumsi kopi?

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka Puasa, Dijamin Gak Bikin Begah

Baru-baru ini,sebuah penelitian mengklaim telah menemukan bahwa minum kopi benar-benar membantu saat olahraga.

Bruno Gualano, seorang profesor fisiologi di Universitas São mengumpulkan sebuah penelitian untuk melihat apakah kafein dapat memberi perbedaan nyata pada kinerja saat olahraga.

5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Kopi, Kesehatan Bisa Terancam

DIlansir dari laman Metro.co.uk, studi tersebut  membagi beban pengendara sepeda pria kompetitif menjadi tiga kelompok, mereka yang asupan kafein rendah (kurang dari satu cangkir sehari), mereka yang asupan kafeinnya sedang (dua cangkir) dan mereka yang meminum segelas kopi (tiga atau lebih Cangkir).

Kemudian Bruno menyuruh mereka semua melakukan uji coba waktu di mana mereka harus berputar sekeras yang mereka bisa sampai mereka membakar 450 kalori.

5 Makanan yang Patut Dihindari Saat Sahur, Dijamin Puasa Tahan Seharian

Mereka mengayuh sepedanya dengan mengkonsumsi 400 miligram pil kafein yang setara dengan empat cangkir kopi, setelah minum plasebo dan kemudian lagi setelah tidak mengkonsumsi apapun.

Dan hampir setiap percobaan tercepat pengendara sepeda terjadi setelah minum pil cafeine.

Rata-rata, mereka 3,3 persen lebih cepat dibandingkan dengan tidak memakai pil, dan 2,2% lebih cepat daripada menggunakan plasebo.

Bruno mengklaim bahwa secara teori, itu bisa diterjemahkan menjadi memangkas beberapa menit dari waktu balap.

Bruno mengklaim bahwa pesepeda yang memiliki konsumsi kafein sehari-hari yang tinggi mendapat dorongan yang sama dengan mereka yang memiliki kafein sedikit atau tidak sama sekali dalam makanan mereka.

Tapi dia cepat menunjukkan bahwa mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak bisa berbahaya, jadi perlu dimulai dengan jumlah kecil untuk melihat apakah rezim kebugaran Anda mungkin mendapat keuntungan dari suntikan ekstra pada minuman tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya