Menu Berpuasa bagi Penderita Diabetes

Ilustrasi pengecekan diabetes.
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA.co.id – Bagi penderita diabetes, segala jenis makanan yang dikonsumsi harus mengikuti aturan. Hal itu dilakukan untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Namun bagaimana jika penderita diabetes berpuasa? Penderita diabetes dibolehkan berpuasa, tapi tentunya ada menu khusus yang disajikan saat sahur dan berbuka. Tidak hanya itu saja penderita diabetes juga harus mentaati segala pola makan yang di sarankan dokter.

"Pada dasarnya, penderita diabetes diperbolehkan berpuasa, namun tetap mengatur pola makan selama menjalankan puasa," ujar dr Jenni, M. Gizi SpGk seperti dilansir dari laman meetdoctor.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Ia mengatakan, bahwa jumlah kalori, jenis makanan, dan jadwal makan ditentukan untuk menjaga kadar gula darah.

"Jumlah kalori pada seorang penderita diabetes pasti akan berbeda. Oleh karena itu, hal ini sangat dipengaruhi berat badan, tinggi badan, usia, kondisi tubuh, jenis kelamin, dan aktivitas fisik," ungkapnya.

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

Lebih lanjut Jenni mengungkapkan, bahwa jenis makanan yang dikonsumsi penderita diabetes pun harus seimbang. Seperti adanya kandungan karbohidrat, protein (hewani dan nabati), lemak, vitamin, mineral, dan serat. Selain itu, penderita diabetes juga harus memperbanyak asupan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum, sayuran dan buah-buahan.

"Penderita diabetes pun bisa mengonsumsi protein yang rendah lemak sebagai pilihan lain. Selain itu tidak hanya harus memperhatikan jenis makanan, tapi perhatikan juga cara pengolahannya. Misalnya, hindari makanan yang digoreng untuk membatasi jumlah lemak yang dikonsumsi," ujarnya. (mus)

Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024