Tips Agar Mata Tak Cepat Kering saat Mudik

Ilustrasi mata.
Sumber :
  • pixabay/Twnynina

VIVA.co.id – Saat pulang kampung, atau mudik, kenyamanan pada tubuh harus diutamakan. Salah satu yang menjadi perhatian adalah organ mata. Sebab, mata berperan penting saat seseorang mengemudikan mobil miliknya.

Menata Hati Sambut Bulan Suci

Banyak yang memilih untuk mudik dengan kendaraan pribadi miliknya. Hal itu, berarti bahwa harus mengendarai dengan keadaan tubuh bugar dan mata yang sehat.

"Usahakan saat berkendara di siang hari, pakai kacamata, agar mata terlindungi dari sinar matahari. Jika mata lelah, jangan dipaksakan, tetapi diistirahatkan dulu sementara," ujar spesialis mata, dr. Gustri Kusuma Wardhani SpM., kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Aturan Menggunakan Krim Mata Perlu Anda Tahu

Pemakaian perlindungan mata dari sinar matahari, juga bisa dalam bentuk layar mobil yang cukup redup. Sebab, meski sinar matahari tidak terlalu menyengat, bisa berdampak buruk jika dibiarkan terpapar dalam waktu lama.

"Layar mobil itu harus pakai anti silau untuk hadang sinar UV enggak langsung ke mata. Itu penting, agar kesehatan mata bisa terus dijaga," paparnya.

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

Dokter yang bekerja di RS Evasari Jakarta itu, tidak menyarankan untuk memaksakan mata tetap fokus saat mengendarai mobil, jika sudah terasa lelah. Sebab, efek jangka panjang bisa berbahaya.

Selain itu, ia juga menyarankan menggunakan air mata buatan yang dibutuhkan saat mata mulai kering.

"Air mata buatan itu bisa ditetes kapan saja, setiap merasa enggak nyaman dan enggak ada efek sampingnya untuk mata kok. Malah baik untuk mata," ujar Gustri. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya