Benarkah Ramuan Herbal Mampu Sembuhkan Penyakit Serius?

Obat Herbal
Sumber :
  • Pixabay/Vijayanarashimha

VIVA.co.id – Obat tradisional khas negeri China, sudah terkenal di hampir seluruh dunia untuk berbagai pengobatan. Studi terbaru menemukan, ramuan herbal tersebut terbukti mampu mencegah penyakit jantung.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Dilansir dari laman Medical Daily, para peneliti mengobservasi secara acak dan terkontrol ramuan tradisional Cina dalam waktu sepuluh tahun. Pasien dengan berbagai kondisi seperti hipertensi, dislipidemia, diabetes, penyakit jantung aterosklerotik, dan gagal jantung kronik, diobservasi soal efektif tidaknya mengonsumsi ramuan yang berkhasiat obat tersebut.

Ternyata, peneliti menemukan ragam manfaat baiknya. Seperti misalnya, ramuan cina Tiankuijiangya, zhongfujiangya, qiqilian, jiangyia, dan jiangyabao, aman untuk digunakan dan memberi efek antihipertensi. Namun, penelitian ini belum dilihat secara jangka panjang.

Mantan Istri Ungkap Kondisi Kesehatan Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia

"Secara umum, obat medis Cina biasanya mengandung formula yang kompleks. Sehingga, efeknya juga lebih beragam," ujar peneliti Yuxia Zhao.

Selain itu, Zhao menuturkan, ada baiknya, ramuan China ini hanya digunakan sebagai obat alternatif tambahan saja yang dapat dipakai sebagai pencegahan pada penyakit jantung. Sebab, ramuan tersebut memiliki kandungan aktif yang belum diketahui secara farmakologi.

Keluarga Kenang Sosok Donny Kesuma, Ingin Semua Anaknya Sukses

Menurut United States Department of Health and Human Services, ramuan herbal juga digunakan harus berdasarkan dosis yang tepat. Sehingga, pemakaiannya juga harus di bawah arahan dokter dan para ahli.

Ilustrasi Scaling Gigi

Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Scaling gigi adalah prosedur membersihkan plak dan karang gigi. Plak adalah lapisan warna putih di permukaan gigi ketika bakteri dalam mulut bereaksi dengan sisa makanan.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024