Tips Atasi Pegal di Perjalanan Mudik

Ilustrasi mengendarai mobil.
Sumber :
  • Dailymail.co.uk

VIVA.co.id – Perjalanan mudik yang panjang, belum lagi ditambah dengan macet, membuat tubuh rentan mengalami pegal-pegal. Apalagi selama perjalanan posisi kita duduk dalam waktu yang sangat lama.

Kiat Alexandra Asmasoebrata Jaga Stamina dan Melestarikan Pembalap Perempuan 

Dokter spesialis olahraga, dr. Rachmad Wishnu Hidayat, SpKO, mengatakan rasa pegal di badan atau otot-otot tubuh terutama di otot punggung bagian bawah akan terasa apabila kita duduk selama 2-3 jam.

"Ketika duduk selama 2-3 jam dan merasakan pegal, maka usahakan setiap kurang lebih dua jam sekali melakukan peregangan," kata Wishnu kepada VIVA.co.id, Sabtu, 17 Juni 2017.

5 Kebiasaan Minum Sehat yang dapat Mencegah Diabetes, No 3 Paling Susah Dihindari

Gerakan yang bisa dilakukan adalah duduk tegap kemudian renggangkan punggung, atau putar badan ke kanan 90 derajat, kemudian tahan posisi tersebut selama 20-30 detik. Setelah itu, ganti posisi ke arah sebaliknya, dan ulangi sebanyak dua kali setiap gerakan.

Bagi yang melakukan perjalanan mudik menggunakan moda transportasi kereta api, bus, atau pesawat, Anda bisa mengurangi pegal dengan berdiri dan berjalan sejenak di sepanjang koridor.

Tips Bugar Ala Wanda Hamidah Hingga Fira Basuki

"Bagi yang naik motor, bisa berhenti dahulu untuk melakukan peregangan. Gerakan peregangannya sama, setelah melakukan peregangan baru lanjutkan lagi perjalanannya," kata Wishnu.

Gerakan peregangan pun tidak perlu rumit dan cukup dilakukan selama 5-10 menit. Lakukan setiap dua jam sekali atau ketika merasakan pegal-pegal. (ase)

Petugas KPPS melakukan penghitungan suara/Ilustrasi.

Petugas TPS dan KPPS Harus Fit di Hari Pemilu, Begini Tips Jaga Kesehatan dari PB IDI

Berikut adalah imbauan dan tips dari IDI sebagaimana disampaikan oleh Ketua Umum PB IDI, DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024