Pantangan Makanan Lebaran bagi Penderita Jantung

Ayam opor.
Sumber :
  • http://www.kuali.com

VIVA.co.id – Saat Lebaran, biasanya sajian makanan banyak yang mengandung lemak. Jenis makanan tersebut, tentu tidak baik jika dikonsumsi oleh penderita jantung, karena berpengaruh pada kenaikan tekanan darah.

Mantan Istri Bersyukur Bisa Dampingi Donny Kesuma di Masa Kritis

Ragam jenis masakan lezat saat Lebaran, cenderung membuat orang kalap untuk mengonsumsinya. Padahal, makanan tersebut biasanya tinggi lemak dan garam, yang berbahaya untuk penderita jantung.

"Kurangi gula dan garam saat Lebaran. Pilih buahnya langsung dibanding jus buah, dan juga sebaiknya konsumsi camilan kacang kedelai langsung dibanding tahu tempe yang sudah diolah," ujar spesialis penyakit jantung, dr. Antono Sutandar, SpJP(K), kepada VIVA.co.id belum lama ini.

Sebelum Meninggal, Donny Kesuma Ngaku Tekuni Pekerjaan di Dunia Malam Selama 20 Tahun

Dia menyarankan agar konsumsi makanan yang diolah berulang selama Lebaran bisa dikurangi. Sebab, makanan olahan mengandung tinggi kalori dan membentuk gula darah yang tinggi.

"Sebaiknya makanan tidak diolah berulang kali, karena gizinya jadi berkurang. Makanan yang alami lebih baik untuk dikonsumsi karena membuat gula darah naik secara perlahan. Batasi protein hewani, terutama yang bagian lemak," papar dokter yang bekerja di RS Siloam Kebon Jeruk tersebut.

Riwayat Sakit Donny Kesuma Sebelum Meninggal, Alami Lemah Jantung Hingga Pernah Pasang Ring

Untuk itu, Antono menyarankan agar konsumsi sayuran selama Lebaran bisa diperbanyak. Tidak hanya itu, protein nabati juga bisa diperbanyak agar membatasi peningkatan lemak dan kolesterol.

"Sebaiknya pilih sayuran di setengah porsi piring, lalu tambahkan kacang-kacangan sebagai protein nabati, serta sedikit karbohidrat," jelasnya. (ase)

Sofyan Dado

Keluarga Ungkap Penyebab Meninggalnya Sopyan Dado, Punya Riwayat Diabetes Hingga Sakit Jantung

Sopyan Dado meninggal dunia pada hari ini, Kamis, 28 Maret 2024. Sang aktor meninggal dunia di salah satu rumah sakit yang berada di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024