Menguak Enam Kebiasaan 'Sehat' yang Salah

Minum air putih.
Sumber :
  • Pixabay/priyanka98742

VIVA.co.id – Para ahli menganjurkan sejumlah kebiasaan sehat yang harus dilakukan setiap hari. Namun, dari banyak anjuran tersebut, masih banyak yang melakukannya secara berlebihan, atau salah, sehingga bukan manfaat sehat yang didapat tapi justru membahayakan tubuh.

Ngeri! Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan, Berisiko Kematian

Berikut ini, enam kebiasaan sehat yang salah yang dirangkum oleh laman Times of India.

1. Minum lebih dari delapan gelas sehari
Penelitian telah membuktikan bahwa lebih bermanfaat meminum air ketika Anda merasa haus. Asupan cairan yang berlebihan, seringkali dapat menyebabkan obesitas, perut kembung, masalah pencernaan, dan kulit.

10 Manfaat Minyak Kelapa yang Sering Dianggap Remeh, Singkirkan Lemak Membandel

2. Hanya meminum air kemasan botol
Apakah di restoran, atau sedang bepergian, kita selalu mengandalkan air minum kemasan. Tetapi, tahukah Anda kalau air kemasan tidak sehat. Air minum kemasan tidak mengandung fluoride dan kekurangan fluoride dapat menyebabkan gigi rusak.

3. Mengganti waktu tidur saat akhir pekan
Dengan mengikuti cara ini, Anda hanya akan mengganggu pola tidur Anda dan menyebabkan risiko berbahaya bagi kesehatan Anda. Berusahalah untuk tidurlah 7-8 jam sehari.

Dampak Fatal Tubuh Kekurangan Vitamin B Kompleks, Ibu Hamil Harus Hati-hati

4. Menyikat gigi setiap habis makan
Tahukah Anda kalau partikel makanan meninggalkan asam di gigi yang bisa melemahkan enamel? Jadi, ketika Anda menyikat gigi setelah makan, Anda sebenarnya juga menghilangkan enamel yang dilemahkan itu. Sebaiknya, bilas mulut menggunakan air, atau obat kumur saja.

5. Minum terlalu banyak suplemen
Sebagian besar dari kita tidak mengalami kekurangan nutrisi, tapi banyak yang justru mengonsumsi vitamin yang bisa menimbulkan masalah kesehatan serius. Makanlah makanan yang tepat untuk memperbaiki kekurangan vitamin yang dialami.

6. Olahraga berlebihan
Olahraga, atau aktivitas fisik reguler bisa efektif mencegah berbagai macam risiko kesehatan seperti obesitas, hipertensi, dan lainnya. Namun, melakukannya secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan dan menyebabkan masalah seperti stres kardiovaskuler. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya