Kelompok Autisme Lebih Pandai Menentukan Keputusan

Ilustrasi anak-anak.
Sumber :
  • pixabay/Kadie

VIVA.co.id – Kondisi autisme seringkali dikaitkan dengan kesulitan menentukan keputusan. Namun, studi terbaru menemukan bahwa orang dewasa yang memiliki autisme, ternyata lebih baik dalam menentukan keputusan.

5 Rekomendasi Permainan, Bisa Tingkatkan Motorik Kasar dan Halus Anak Berkebutuhan Khusus

Autisme biasanya ditandai dengan sulitnya kelompok tersebut untuk melakukan interaksi secara sosial, sulit berkomunikasi, dan perilaku yang berulang-ulang. Meski demikian, penelitian terbaru menemukan hal yang mengejutkan. Penelitian ini menemukan bahwa perbedaan tersebut, tidak membuat kaum autisme sulit untuk membuat keputusan.

“Orang dengan autisme biasanya lebih detail pada fokus dan seringnya mereka yang autisme tidak lebih rentan pada beberapa ilusi visual," ujar peneliti, George Farmer dilansir dari laman Iflscience.

Melawan Stigma Buruk Autisme di Indonesia

Studi terbaru ini dipublikasikan dalam Psychological Science. Peneliti mengobservasi 90 individu yang memiliki autisme dan 212 pasien dengan penyakit saraf lainnya selain autisme. Peneliti kemudian memberikan satu pertanyaan yang berkaitan dengan memilih keputusan yang terbaik untuk sebuah produk.

Peneliti juga telah membuat beberapa pilihan menyulitkan agar mereka kebingungan. Namun, kelompok autisme ini ternyata sangat konsisten dan percaya diri dengan kemampuannya.

Wujud Cita Pejuang Indonesia Ramah Autis, Hadirkan Edukasi untuk Lawan Stigma di Indonesia

"Orang dewasa dengan autisme lebih konsisten dengan pilihannya dibandingkan kelompok penyakit saraf lainnya. Dari perspektif ekonomi, kelompok autisme lebih mampu memberikan penjelasan secara rasional dan sulit dipengaruhi dengan pilihan dari sekitarnya," ujar Farmer. (ase)

Ilustrasi anak autis

Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Gimana Cara Tunjukkan Kepedulian?

Autisme adalah spektrum gangguan perkembangan saraf yang memengaruhi cara seseorang berkomunikasi dan berinteraksi dengan dunia di sekitar. Penderitanya sulit komunikasi.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024