Tips Tidur Nyenyak Semalaman

Ilustrasi bangun tidur.
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA.co.id – Kualitas tidur yang buruk adalah masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Terkadang, kita masih selalu merasa kurang tidur, meskipun sudah memejamkan mata berjam-jam lebih.

Tips Pilih Bantal Sesuai Posisi Tidur Favorit Supaya Nyenyak

Sebenarnya, tidak sulit untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Salah satunya yang baru-baru ini ditemukan oleh peneliti Amerika adalah miliki tujuan hidup yang jelas dapat meningkatkan kualitas tidur.

Dilansir laman Telegraph, Rabu 12 Juli 2017, dalam penelitian yang dimuat dalam jurnal Sleep, Science Practice, ditemukan bahwa dari 823 orang usia 60 hingga 100 tahun yang mengikuti survei, sebanyak 63 persen di antaranya mengalami memiliki risiko sleep apnea (gangguan pernapasan saat tidur) lebih kecil karena memiliki tujuan jelas dalam hidup.

Kurang Tidur Usai Liburan, Bagaimana Membayarnya?

Ternyata, bukan hanya tujuan hidup yang dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak, ada hal yang lebih praktis yang bisa Anda lakukan jika ingin mendapat kualitas tidur tinggi, berikut di antaranya:

Kaos kaki

Tidur dengan Kipas Angin Sepanjang Malam Buruk untuk Kesehatan?

Manusia dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri dan tubuh dapat memastikan bahwa organ di dalamnya bekerja dalam suhu yang benar. Masa tidur adalah saat tubuh berada pada suhu yang rendah. Bagian kaki memiliki beberapa pembuluh darah untuk menjaga suhu tubuh. Jika Anda kedinginan, coba gunakan kaos kaki saat tidur. Jika kepanasan, Anda sebaiknya melepasnya.

Jangan tidur di dekat handphone

Kebanyakan orang saat ini tidak bisa hidup jauh dari handphonenya, bahkan hingga menjelang waktu tidur. Berdasarkan laporan dari Ofcom tahun 2014, delapan dari 10 orang saat ini sangat dekat dengan handphone. Blue light yang ditranmisikan dari handphone bersifat simultan seperti cahaya matahari yang dapat membuat Anda susah tidur.

Usahakan untuk meletakkan handphone sejauh mungkin dari tempat tidur. Hindari menggunakan handphone 30 menit sebelum tidur. Membuat teh dan membaca buku lebih baik, ketimbang menggeser-geser layar handphone Anda.

Hindari ngemil malam hari

Dengan makan di malam hari, sistem pencernaan menjadi aktif dan membuat tubuh sulit untuk mulai beristirahat. Jika ingin ngemil di malam hari, sebaiknya konsumsi makanan kaya magnesium seperti alpukat atau sayuran. Sebuah penelitan menunjukkan bahwa magnesium dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur bagi penderita insomnia.

Mempersiapkan hari esok

Kecemasan dapat membuat kualitas tidur menurun. Gary Zammit, PhD, direktur Sleep Disorder Institute, New York menyarankan Anda melakukan satu rutinitas malam hari, salah satunya dengan mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk hari esok seperti merapihkan isi tas, menyiapkan baju, atau bekal untuk esok hari.

Meditasi

Meditasi dikenal baik untuk mengaktifkan sistem saraf otak yang berkaitan dengan pencernaan dan pernapasan. Meditasi juga dapat mengurangi stres, penyebab susah tidur.

Mandi air dingin

Dengan mandi air dingin, suhu tubuh menjadi lebih rendah. Suhu tubuh rendah membuat otak mengrimkan sinyal pada tubuh untuk beristirahat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya