Stres Guru di Sekolah Bisa Menular

Ilustrasi guru mengajar
Sumber :
  • Pixabay/ jerrykimbrell10

VIVA.co.id – Sebuah penelitian baru mengungkapkan, stres para siswa dan guru dari sebuah sekolah bisa berpeluang menular ke rekan baru. Penelitian yang diterbitkan di jurnal Teaching dan Teacher Education ini, dilansir laman Times of India, menemukan adanya kaitan yang signifikan antara stres di kalangan guru muda dan paparan terhadap budaya keseluruhan sekolah maupun stres di antara lingkaran pertemanan guru muda itu.

5 Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Rekan Kerja, Bisa Kurangi Profesionalisme

"Jika Anda dikelilingi oleh orang yang bersedih atau mengalami stres, maka ada peluang besar perasaan itu akan bocor ke Anda, meskipun Anda tidak memiliki kontak langsung dengan orang-orang ini," kata Kenneth Frank, Profesor di Michigan State University di Amerika Serikat.

Frank melanjutkan, penelitian ini merupakan salah satu yang pertama yang memberikan bukti bahwa budaya organisasional di sekolah bisa membuat perbedaan nyata bagi tingkat stres guru muda.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Para peneliti menganalisis data survei stres pada 171 guru yang berada di jenjang karier empat tahun pertamanya, serta 289 guru berpengalaman yang juga menjadi mentor pada guru muda atau rekan dekatnya.

Frank mengatakan stres pada guru juga terkait dengan lingkungan kebijakan pendidikan saat ini. Kebijakan kontroversial seperti evaluasi guru yang sebagian besar didasarkan pada hasil ujian siswa, gaji yang pantas untuk guru, dan kurangnya suara dalam penugasan siswa kepada guru bisa menambah tekanan pada stres guru.

Pakar Ungkap Pria Harus 21 Kali Ejakulasi dalam Sebulan, Kenapa?
Ilustrasi daun salam.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Di balik kepopulerannya sebagai salah satu rempah-rempah yang sering digunakan dalam masakan, daun salam memiliki rahasia lain yang sering terlewatkan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024