Lengkapi Asupan Sehari-hari dengan Makanan Fungsional

Ilustrasi makanan sehat.
Sumber :
  • Instagram/tumblinbumblincrumblincookie

VIVA.co.id – Memiliki tubuh yang sehat dan bugar, merupakan investasi masa depan. Nah, untuk dapat merasakan investasi tersebut, Anda harus melakukan gaya hidup sehat dimulai sejak usia muda. Dokter spesialis gizi klinik, dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, mengatakan, untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar kuncinya adalah 5S.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

"Makan sehat, pikir sehat yaitu dengan mengendalikan stres, karena stres tidak bisa dihindari. Kemudian, tidur sehat dengan cukup istirahat minimal enam jam sehari dan jangan melebihi delapan jam. Lalu, aktivitas sehat dengan olahraga teratur dan lingkungan sehat dengan menghindari polutan," kata Samuel kepada VIVA.co.id baru-baru ini.

Makan yang sehat, lanjut Samuel, harus sesuai dengan kebutuhan. Jenisnya pun harus lengkap, yaitu terdiri karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat.

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Namun, sumber makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut tidak cukup hanya dari satu jenis makanan saja. Karenanya, untuk mendapatkan hidup yang lebih berkualitas dan sehat, tubuh juga membutuhkan makanan fungsional.

"Pilih fungsional food yang berefek pada sel tubuh, kesehatan, dan kebugaran kita," imbuh Samuel.

6 Menu Buka Puasa Sehat Ini Bikin Energi Penuh, Cegah Diabetes & Hipertensi!

Contoh makanan fungsional yang baik adalah bumbu masakan Indonesia. Samuel menyebut banyak bumbu masakah Indonesia yang menyehatkan dan mengandung antioksidan seperti kunyit. Namun, tentunya bumbu ini tidak bisa kita konsumsi dalam porsi besar.

Sehingga, salah satu solusi terbaik untuk mendapat asupan makanan fungsional ini adalah dengan suplemen. Suplementasi bahan makanan ini memiliki efek fungsional seperti bumbu kunyit, temulawak yang diekstraksi dengan teknologi sehat sehingga lebih praktis.

Makanan fungsional ini, juga memiliki efek terapetik atau mengobati yang tinggi, mencegah dan menangkal radikal bebas, mengoptimalkan metabolisme, menjaga fungsi otak, tidak mudah pikun, dan menjaga gairah.

Meski demikian, dalam memilih suplemen ini pun tidak boleh sembarangan. Syaratnya, kata Samuel, harus organik, bebas bahan kimia, bebas pestisida dan herbisida, serta bebas segala racun berbahaya. Dalam kemasannya pun harus tercantum berapa banyak dosis yang harus dikonsumsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya