Anggapan Kucing Penyebar Virus Tokso Ternyata Keliru

Kucing peliharaan.
Sumber :
  • instagram.com/catzoniamy

VIVA.co.id – Selama ini beredar anggapan di masyarakat bahwa kucing adalah hewan penyebar virus tokso. Padahal anggapan ini sama sekali salah.

3 Dampak Negatif Tidur dengan Kucing Peliharaan, Bisa Tertular Penyakit Zoonotik

Menurut drh Angela Maharani, penyebaran tokso pada kucing dapat dicegah dengan manajemen pemeliharaan yang baik. Alasan kenapa kucing bisa menyebarkan tokso adalah karena makanan yang diberikan.

"Jangan berikan kucing makanan mentah karena makanan mentah adalah asal usul tokso. Tokso itu terdapat di semua bahan mentah, seperti daging atau lalapan bisa masuk tokso plasma," kata drh. Angela saat ditemui VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Bambang Pamungkas Bingung Akun X Bisa Dibajak 'Kucing'

Tokso pada kucing bisa terjadi tanpa gejala dan tidak terlihat. Itulah sebabnya tokso baru bisa terdeteksi ketika dilakukan pemeriksaan.

Virus ini menular kepada manusia melalui feses yang dikeluarkan kucing. Oleh sebab itu, kebersihan kucing harus tetap dijaga agar kotorannya tidak menempel pada tubuhnya yang menyebar ke mana-mana.

Viral Dansatgaspam Papua Asal Jambi Beri Ayam Goreng ke Kucing

"Dia (tokso) bisa menempel pada bulu kucing kemudian kita elus-elus, dan tanpa cuci tangan kita makan, virus itu bisa termakan," kata drh. Angela.

Rachel Vennya

Rachel Vennya Panik Lihat Kucing Peliharaan Ditelantarkan hingga Sakit, Begini Klarifikasi Okin

Kabar dugaan Okin telah menelantarkan hewan peliharaannya pertama kali dibagikan oleh Rachel Vennya di Instagram story khusus bagi pengikutnya yang berlangganan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024