Studi: Gaya Berciuman Semua Orang Cenderung Sama

Ilustrasi pasangan,.
Sumber :
  • Pixabay/scottwebb

VIVA.co.id – Jika selama ini berpikir orang punya cara sendiri dalam berciuman, menurut penelitian terbaru, mayoritas orang di seluruh dunia cenderung punya cara berciuman yang sama. Peneliti itu mengungkapkan bahwa orang cenderung memiringkan kepala ke kanan, saat berciuman.

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports ini, meneliti 48 pasangan suami-istri di Bangladesh, di mana ciuman umumnya tidak diamati di depan umum.

Pasangan tersebut diminta untuk mencium secara pribadi di rumah mereka dan melaporkan secara mandiri aspek-aspek ciuman yang berbeda.

Terpopuler: Seks di Pagi Hari untuk Dapat Keturunan hingga Negara Termurah Buat Dikunjungi

Ditemukan bahwa pria sekitar 15 kali lebih mungkin untuk memulai berciuman daripada wanita, dan kedua pasangan lebih suka menyandarkan kepala mereka ke kanan.

Lebih dari dua pertiga inisiator ciuman dan penerima ciuman, mengarahkan kepala mereka ke kanan, dengan 79 persen pria menjadi inisiator ciuman.

4 Posisi Seks Aman, Anti Nyeri Buat Pasangan yang Punya Penis Ukuran Jumbo

"Ini adalah studi pertama yang menunjukkan perbedaan jenis kelamin dalam inisiasi berciuman, dengan laki-laki lebih mungkin menjadi inisiator, dan bahwa arah penggerak kepala para inisiator ciuman cenderung memodulasi arah kepala pada penerima ciuman," kata Dr Rezaul Karim, Dari departemen psikologi di Universitas Dhaka, seperti dilansir dari laman Independent.

Hal ini menunjukkan bahwa penerima cenderung mencocokkan arah pasangannya untuk menghindari ketidaknyamanan.  

"Ini lebih lanjut menunjukkan mekanisme kognitif yang mendasari tindakan berciuman dan berbalik," kata penulis.

Pada akhirnya, penelitian tersebut menunjukkan bahwa tindakan berciuman dipengaruhi oleh cara otak membagi tugas antara belahan otak dan tingkat hormon, seperti testosteron, yang mungkin tidak merata, menyebabkan bias berpaling ke kanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya