Divonis Kanker Tiroid, Rachel Amanda Sempat Syok

Rachel Amanda
Sumber :
  • nuvola gloria/VIVAlife

VIVA.co.id – Pesinetron Rachel Amanda sempat syok ketika mengetahui dia mengalami kanker tiroid saat usia 19 tahun, tepat di tahun 2014. Dia ingat betul, bagaimana bobot tubuhnya terus merosot. Sempat mengaku senang sebagai wanita, ketika tubuhnya makin langsing. Namun, lama kelamaan, dia mulai khawatir.

Thalita Latief Cerita Perjuangan Jalani Operasi Tumor Tiroid

"Yah namanya juga cewek ya, berat badan turun. Tapi kok lama-lama turun terus, kemudian mama ku yang sadar kalau leher aku bengkak, karena aku orangnya cukup cuek," ungkapnya saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Jumat 21 Juli 2017.

Selain gejala tersebut, dia merasa jantung yang berdetak cukup kencang (deg-degan), serta sering merasa tidak kuat untuk berdiri lama. Melihat itu, dia pun memutuskan untuk langsung berkonsultasi ke dokter. Dan hasil pemeriksaan pun menunjukkan, ada tumor di leher.

Sebelum Nonton Cek Dulu Fakta-Fakta Film NKCTHI yang Tayang Hari Ini

"Akhirnya aku ambil tiroid dua-duanya. Ternyata setelah dianalisis kelenjar tiroid kiri ada anak sel (kanker). Akhirnya setelah itu dikasih tahu dokter ini ada kanker tiroid," paparnya.

Rachel syok, karena adanya stigma, bahwa kanker itu mengerikan. Tapi dia merasa beruntung karena sudah berada di era digital, dan bisa mencari segala sesuatu melalui internet.

Rachel Amanda dari Anak Sulung Jadi Bungsu

"Sampai aku akhirnya cari-cari di sebuah komunitas portal berbasis di Amerika di situ aku bisa sharing, apa yang harus aku lakukan," paparnya.

Dia juga merasa berterima kasih selama ini keluarganya memberikan dukungan untuknya agar semangat menjalani pengobatan.

Ia pun mengimbau pada masyarakat yang mendapati benjolan di leher untuk segera memeriksakan diri

"Enggak perlu takut, periksa ke dokter, kalau disuruh operasi lakukan, ketika harus minum obat patuhi itu semua demi kesembuhan," pesannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya