Bahaya Pakai Masker Polusi Berulang-ulang

Masker polusi disposible.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Banyaknya pencemaran udara di lingkungan sekitar, semakin meningkat. Pemakaian masker hidung dan mulut, dirasa mampu untuk mencegah terhirupnya partikel kotor dari udara. 

Kendaraan Operasional Timnas Indonesia Bakal Full Listrik

Meski mencegah, namun penggunaan masker yang digunakan secara berulang dan jangka lama ternyata menimbulkan masalah tersendiri.

"Masker tidak boleh dipakai bolak balik. Pakai sesuai dengan instruksi pemakaian aja. Masker yang disposible (sekali pakai) maksimum dipakai 8 jam setelah terbuka dari plastiknya," ujar Business Manager consumer health care division, PT 3M Indonesia, Yunadi Aulia Desmawan, dalam acara peluncuran Masker Naxcare Filtrasi di Jakarta, 25 Juli 2017.

Pemerintah Berencana Naikkan Pajak Kendaraan Bermotor

Hal senada dipaparkan oleh spesialis paru, Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K). Menurutnya, pemakaian masker yang dikenakan secara berulang, malah membuat fungsi dan kegunaannya menurun.

"Pakai masker disposible cukup sampai maksimal 8 jam aja. Kalau dibiarkan, dari sisi penyaringan atau filtrasi debu dan gas, malah tidak berfungsi dengan baik lagi. Polusi udara akan tetap terhirup dan masuk ke saluran pernapasan," kata Agus.

Begini Cara Pasien Kanker Paru-paru Harus Berhati-hati saat Hadapi Polusi Udara

Penggunaan masker yang dipakai terus menerus, lanjut dia, membuat kegunaan masker yang idealnya untuk melindungi diri malah berakibat merugikan. Sebab, kelamaan memakai masker yang sama justru akan terpapar kuman secara terus-menerus.

"Kalau masker dibiarkan tidak diganti sehingga jadi lembab, kuman yang tadinya terfiltrasi di bagian depan masker bisa masuk dengan mudah. Di sini kita malah mempermudah kuman untuk menyerang tubuh," kata Agus. (ren)
 

Ilustrasi serangan jantung

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Penyakit jantung menjadi salah satu masalah kesehatan utama di dunia, menyebabkan jutaan kematian setiap tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024