Tips agar Polusi Udara Tak Jadi Penyakit

Polusi Udara di Jakarta Meningkat
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id – Permasalahan polusi udara di beberapa kota besar, sudah semakin mengkhawatirkan. Bahaya polusi udara yang sudah semakin menyebar luas, dapat berdampak buruk pada sistem pernapasan.

Pemerintah Berencana Naikkan Pajak Kendaraan Bermotor

Polusi udara di kota-kota besar, bisa berasal dari apa saja, seperti asap kendaraan, debu pembangunan, dan sebagainya. Untuk mencegah hal-hal tersebut terhirup tubuh, disarankan untuk mengenakan masker saat beraktivitas di luar lingkungan.

"Upaya primer atau pertama untuk mencegah gas dan partikel terhirup, sebaiknya kenakan masker untuk meminimalisasi masuk ke tubuh. Selain itu, pastikan untuk mengatur waktu agar tubuh tidak terpapar terus menerus dari polusi udara di luar dan dalam ruangan, seperti hindari olahraga di siang hari," ujar spesialis paru, Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), dalam peluncuran Masker Nexcare Filtrasi, di Jalan Riau, Jakarta, Selasa 25 Juli 2017.

Begini Cara Pasien Kanker Paru-paru Harus Berhati-hati saat Hadapi Polusi Udara

Menurut Agus, upaya tubuh untuk mendapat udara yang baik, minimal satu hari dalam sepekan, mencari lingkungan yang bebas dari polusi udara. Setelahnya, biarkan tubuh istirahat dengan cukup dan makan makanan bergizi agar meningkatkan daya tahan tubuh.

"Kemudian, cara kedua yaitu rutin memeriksakan diri ke dokter. Minimal melakukan medical check up seluruh tubuh untuk mendeteksi secara dini terhadap risiko penyakit yang berkaitan dengan polusi udara," tuturnya.

Kualitas Udara Jabodetabek Buruk, MTI Pertanyakan Program Transisi Energi Pemerintah

Tahapan ketiga atau tersier yakni untuk mereka yang sudah memiliki penyakit atau penurunan fungsi pernapasannya. Dipaparkan Agus, sebaiknya kelompok yang rentan ini, harus meminimalisasi paparan polusi di lingkungan.

"Tahapan ketiga ini untuk yang sudah kena penyakit seperti asma. Paparan polusinya harus diminimalisasi agar penyakitnya tidak semakin parah," kata dia.

Gesits luncurkan motor listrik Timnas Indonesia di IIMS 2024

Kendaraan Operasional Timnas Indonesia Bakal Full Listrik

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berencana menggantikan semua kendaraan operasional PSSI termasuk untuk Timnas Indonesia menjadi kendaraan listrik

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2024