Sakit Tenggorokan 14 Hari Lebih, Waspada Infeksi Akut

Ilustrasi wanita batuk
Sumber :
  • Viva.co.id/Lutfi

VIVA.co.id – Sakit tenggorokan yang disertai radang dan batuk, biasanya dianggap sepele. Padahal, kondisi tersebut, jika telah berlangsung selama 14 hari atau lebih, cenderung telah menjadi infeksi akut.

Apakah Jahe Bisa Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan? Begini Faktanya

Infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA, merupakan kondisi saat kuman masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak di dalamnya. Gejala ISPA muncul sebagai respons tubuh terhadap racun yang dikeluarkan oleh virus atau bakteri yang menempel di saluran pernapasan

"ISPA akan menimbulkan gejala yang terutama terjadi pada hidung maupun paru-paru. Biasanya, mencakup sering bersin - bersin, hidung tersumbat atau berair, napas terasa sesak, batuk-batuk dan tenggorokan terasa sakit," ujar Spesialis Paru, dr. Ni Nyoman Priantini SpP., di Jakarta.

Penggemar Khawatir Taylor Swift Sakit dan Bisa Batalkan Konser di Singapura

Serangan infeksi ini juga sering ditandai dengan kondisi demam, lemas, dan sakit pada persendian. Gejala-gejala tersebut, lanjutnya, berlangsung selama 14 hari atau lebih.

"Gejala penyakit pada saluran pernapasan itu berlangsung selama 14 hari atau jlebih. Jadi harus diwaspadai jika tidak kunjung sembuh dalam waktu 14 hari itu," ujarnya menjelaskan.

Waspada, Pertanda Batuk yang Bisa Jadi Pemicu Gejala Kanker Paru-paru

Apabila gejala ISPA bertambah parah, gejala yang ditimbulkan juga semakin serius. Kondisi tersebut, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan tim medis.

"Kalau sudah makin parah, gejalanya bisa lebih serius seperti pusing, sulit napas, demam tinggi dan menggigil, oksigen rendah dan kesadarannya menurun. Apabila timbul gejala ini, harus segera diberikan pertolongan medis." (mus)
 

Ilustrasi pasien TBC.

TBC Masih Jadi Penyakit Menular Serius, Bisa Ditularkan di Tempat Kerja

Gejala paling umum yang menandai terpaparnya TBC adalah batuk terus menerus, baik berdahak maupun tidak berdahak. Kemudian, gejala khusus lainnya bisa disertai demam.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024