Bolehkah Penderita Gagal Jantung Berolahraga?

Ilustrasi lari.
Sumber :

VIVA.co.id – Berolahraga memang wajib dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan organ jantung. Namun, apakah penderita gagal jantung boleh berolahraga?

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Aktivitas fisik ringan dianggap bermanfaat bagi sebagian besar orang dengan gagal jantung karena dapat memperbaiki fungsi jantung dengan memperkuatnya untuk berdetak lebih efisien. Olahraga juga akan membantu memperbaiki gejala gagal jantung. Demikian menurut rilis yang diterima VIVA.co.id dari Novartis Indonesia, Minggu, 30 Juli 2017.

Meski begitu, Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter sebelum memulai program olahraga atau jika ingin meningkatkan atau mengubah jenis olahraga yang dilakukan. Itu agar Anda tidak menaruh terlalu banyak tekanan pada jantung dan membuatnya berdetak terlalu cepat.

6 Tips Jaga Stamina Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sungkan untuk Olahraga Ringan

Pasien juga bisa memulai dengan sesuatu yang mudah seperti berjalan dalam jarak dekat atau jika mereka menganggap diri mereka aktif secara fisik, mereka juga bisa mencoba berenang.

Perlu dicatat, jika penderita gagal jantung tidak dapat berbicara, bisa jadi olahraga yang dilakukan berlebihan. Berhenti berolahraga jika mengalami sesak napas, pusing, sakit dada, mual atau keringat dingin. Jika gejala terus ada, hubungi dokter dan pihak medis. (mus)

Profil Yoon Sung Bin, Atlet yang Dirumorkan Jadi Pacar Baru Jihyo TWICE
Meditasi.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Dalam kehidupan sehari-hari yang penuh dengan tekanan dan tuntutan, stres menjadi hal yang umum. Namun, ada berbagai cara untuk mengelolanya, salah satunya detoks pikiran

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024