Marshanda Sempat Tak Terima Didiagnosis Derita Bipolar

Marshanda.
Sumber :
  • Instagram.com/marshanda99

VIVA.co.id – Bipolar adalah gangguan yang melibatkan emosi dan jiwa. Pengidapnya bisa mengalami perubahan suasana hati secara ekstrem dari yang asalnya senang tiba-tiba menjadi depresi.

Begini Ciri-Ciri Artis yang Disuruh Menjauhi Marshanda karena Bipolar

Aktris Marshanda merupakan salah satu pengidap bipolar. Ia didiagnosis sejak tahun 2009 dan sempat tak terima dengan omongan dokter.

"Tahu (bipolar) awalnya dari pengalaman sendiri. Nanya ke dokter, aku dari 2009 sampe 2013 itu fasenya tuh denial, masih menyangkal dan tidak mengakui bahwa aku bipolar," ujarnya kepada VIVA.co.id di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Marshanda Ungkap Ciri-ciri Artis yang Disuruh Menjauhinya

Penolakan Marshanda terhadap bipolar akhirnya luntur juga. Ia lantas mempelajari kondisi dirinya dalam berbagai metode serta pertemuan formal.

"Mulai dari 2013 aku baru belajar mengikuti workshop, pengembangan diri, training pelatihan dasar menjadi counselor, dan lain-lain. Mau enggak mau aku mengenal diriku lebih dalam," kata ibu satu anak ini.

Hubungan Marshanda Tetap Baik Sama Artis yang Dilarang Temenan Sama Dia: Manajemennya yang Melarang

Pemain sinetron Bidadari itu lantas membuka diri kepada publik bahwa dirinya mengidap gangguan bipolar pada tahun 2014. Setelah itu, dia intens melakukan sesi berbagi dengan kelompok kecilnya yang bertujuan positif.

"Bipolar Group ini aku bentuk bukan sebagai dokter atau psikolog, tapi karena pernah mengalami bipolar disorder dan punya knowledge dari banyak belajar. Di sini kita berkumpul untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman dan saling memberi dukungan satu sama lain," tuturnya. (ase)

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Suka Halu Dicintai Orang Lain? Hati-Hati Gejala Gangguan Mental Erotomania

Kondisi kesehatan mental di mana seseorang merasa dicintai oleh orang lain disebut juga dengan Erotomania. Ini merupakan kondisi gangguan kesehatan mental cukup langka.

img_title
VIVA.co.id
12 Januari 2024