Dampak Buruk Gula yang Sering Diabaikan

Ilustrasi makan.
Sumber :
  • Pexels/Kaboompics

VIVA.co.id – Konsumsi gula yang berlebihan memiliki dampak pada sistem metabolisme tubuh. Salah satunya berkaitan dengan peningkatan kadar gula darah tubuh dan berdampak pada diabetes.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Sudah banyak penelitian yang mengaitkan adanya hubungan antara konsumsi gula berlebih dengan gangguan kesehatan. Berikut dampak berbahaya lainnya konsumsi gula secara berlebihan.

1. Menambah berat badan drastis

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Dengan konsumsi gula tambahan secara berlebihan, membuat kadar lemak darah meningkat.

"Sebuah penelitian menunjukkan adanya penurunan berat badan secara bermakna, yang diikuti oleh penurunan kalori dari gula tambahan," ujar ahli gizi Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc. kepada VIVA.co.id.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

2. Sindrom metabolik

Gula yang dikonsumsi terlalu banyak, memicu tingginya gula darah dan lemak darah di tubuh. Dengan demikian, sindrom metabolik dapat mengintai tubuh. Seperti diketahui, sindrom metabolik dapat memicu penyakit berbahaya seperti stroke, jantung, dan diabetes.

3. Penyakit kardiovaskuler

Konsumsi gula melebihi normalnya, dapat memicu penyakit jantung dan pembuluh darah. Sebanyak 1,3 kali risiko lebih besar pada konsumsi gula di atas 10 persen dan 2,75 kali pada konsumsi gula di atas 25 persen.

4. Kerusakan gigi

Banyak anak-anak yang cenderung mengalami gigi berlubang usai konsumsi makanan manis. Ternyata, gula menyebabkan air liur menjadi asam. Hal tersebut, jika sering terjadi, berisiko terhadap kerusakan gigi. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya