Hidup Kesepian Lebih Berbahaya dari Obesitas

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Luxstorm

VIVA.co.id – Selama ini obesitas seringkali dianggap sebagai penyakit berbahaya dan mematikan. Tapi, sebuah penelitian terbaru justru menyebut bahwa kesepian justru lebih mematikan dari obesitas. 

Dekat dengan Saudara Bermanfaat bagi Kesehatan Mental

Mereka yang memiliki hubungan sosial yang buruk memiliki 50 persen peningkatan risiko kematian dini dibandingkan dengan mereka yang memiliki hubungan sosial yang baik. 

Peneliti di Amerika mengamati 218 studi tentang efek kesehatan dari kesepian dan isolasi sosial. Mereka menemukan bahwa isolasi sosial meningkatkan risiko kematian seseorang hingga setengahnya dibandingkan dengan obesitas, yang meningkatkan risiko kematian hanya 30 persen.

Tertawakan Diri Sendiri Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

"Terhubung dengan orang lain secara sosial dianggap sebagai kebutuhan manusia yang mendasar, penting bagi kesejahteraan dan kelangsungan hidup,” kata Dr Julianne Holt-Lunstad, penulis utama dan profesor psikologi di Universitas Brigham Young dilansir dari laman nypost, Selasa 8 Agustus 2017.

Dia menyebut, contoh ekstrem menunjukkan bayi dalam perawatan kustodi yang tidak memiliki kontak manusia gagal berkembang dan sering meninggal, dan memang, isolasi sosial atau kurungan isolasi telah digunakan sebagai bentuk hukuman.

Sebelum Konser, Demi Lovato Berikan Kelas Terapi untuk Fans

Kesepian dianggap membuat orang merasa lebih buruk secara mental dan fisik - dan mereka yang kesepian cenderung menderita gejala buruk saat mereka tidak sehat daripada mereka yang tidak.

Dr Holt-Lunstad menambahkan bahwa ada bukti kuat isolasi sosial dan kesepian meningkatkan risiko kematian dini secara signifikan, dan besarnya risiko melebihi banyak indikator kesehatan terkemuka.

Para ahli juga mengatakan dokter umum harus mempertimbangkan keadaan sosial pasien saat merawatnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya