Rokok Bisa Sebabkan Kematian Bayi Mendadak

Ilustrasi merokok.
Sumber :
  • Pixabay/karosieben

VIVA.co.id – Perokok pasif memiliki risiko lebih berbahaya dibanding perokok aktif. Mereka bisa berisiko terkena kanker, stroke, keguguran pada ibu hamil hingga kematian bayi mendadak.

Tekan Prevalensi Merokok, Produk Tembakau Alternatif Sodorkan Solusi?

"Risiko ini yang seharusnya tidak terjadi, bisa terjadi pada perokok pasif. Risiko ini meningkat 20-30 persen pada perokok pasif," kata dr. Feni Fitriani Taufik, SpP(K), saat ditemui di Jakarta, Rabu, 9 Agustus 2017.

Anak-anak, lanjut Feni, merupakan yang paling rentan terhadap rokok. Mereka bisa terkena infeksi saluran napas, pencetus asma dan memperberat asma, dan pada bayi bisa menyebabkan kematian mendadak.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Sementara pada orang dewasa, terutama para ibu, bisa berisiko mengalami keguguran, kelahiran bayi prematur, dan bayi lahir dengan panjang dan berat yang kecil.

"Di Rumah Sakit Persahabatan sudah ada penelitian mengenai korban rokok ini," imbuh Feni.

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Wajah Cepat Keriput! Hindari Segera!

Ia juga menambahkan bahwa pada para perokok, risiko terkena stroke, gangguan pembuluh darah, kanker paru, infeksi saluran napas mencapai 30 hingga 35 persen.

Ilustrasi merokok.

Viral Pengendara Mobil Ngamuk karena Ditegur Merokok

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @Jabodetabek.terkini pada Selasa, 2 April 2024 menampilkan pemotor sebagai perekam mendatangi pengendara mobil karena hal ini.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024