Wanita Hamil Sering Mengidam karena Kurang 'Besi'

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Fenomena mengidam kerap dialami oleh para ibu di masa kehamilan. Namun, tak sedikit pula para ayah yang justru mengalami fenomena ini.

Kenali Sejak Dini Gejala Hamil yang Berisiko Tinggi

Ada-ada saja yang diinginkan oleh para pengidam ini. Tak jarang hal yang nyeleneh cenderung tak masuk akal jadi permintaan yang harus diikuti oleh pasangan dan orang sekitar si pengidam.

Apa penyebabnya yang membuat para wanita hamil mengidam dapat meminta hal yang tak masuk akal?

Benarkah Konsumsi Kunyit saat Hamil Berbahaya?

Dijelaskan oleh Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG(K) bahwa mengidam yang aneh dialami oleh mereka yang kekurangan zat besi. Kekurangan zat ini dapat membuat otak tidak dapat berpikir jernih.

"Bagaimana orang bisa berpikir jernih atau tidak itu dipengaruhi kadar iron dalam tubuh. Kalau itu kurang, Anda tidak bisa berpikir jernih," ujar dr. Damar kepada VIVA.co.id.

Rentan Keputihan, Ibu Hamil Harus Rutin Ganti Celana Dalam

Professor Dr. Lesley Braund, PhD, Direktur Blackmores Institute dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan hal yang tidak jauh berbeda. Kata dia, itulah sebabnya mengapa ibu hamil harus memenuhi asupan gizi lebih ekstra dari sebelumnya. Zat mikro-nutrisi seperti zat besi dibutuhkan untuk mengontrol pikiran. Salah satunya dengan cara memperlancar sirkulasi oksigen di berbagai organ seperti otak.

"Mengidam itu hanya ada dalam pikiran dan Anda harus bisa mengontrol itu. Maka dari itu penting untuk memastikan bahwa Anda mendapat asupan nutrisi yang cukup selama hamil," kata dia.

Ilustrasi ibu hamil.

Kulit Kering saat Hamil, Berbahayakah? Ini Penjelasannya

Banyak bumil yang kulitnya kering, gatal dan bersisik.

img_title
VIVA.co.id
18 November 2019