Ilmuwan Temukan Senyawa dalam Teh Bisa Mencegah Flu

Minum teh dan juga anggur merah dapat melindungi tubuh dari flu.
  • Pixabay/ gfhjkm123

VIVA.co.id – Meredakan flu ternyata bisa dilakukan dengan cara sederhana. Salah satunya mengonsumsi teh. Hal ini terungkap dari sebuah studi yang dilakukan di Universitas Washington, Amerika Serikat.

Dari Pewangi hingga Masker Rambut, Ini 10 Manfaat Teh yang Bisa Digunakan Selain Diminum

Dalam studinya ditemukan bahwa minum teh dan juga anggur merah dapat melindungi tubuh dari flu. Ini karena kandungan senyawa yang ditemukan dalam minuman ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kata para ilmuwan.

Dilansir Times of India, periset di Universitas Washington di AS menemukan bahwa mikroba usus tertentu dapat mencegah infeksi flu berat pada tikus, dengan memecah senyawa alami yang disebut flavonoid. Strategi ini efektif dalam mencegah kerusakan parah akibat flu saat interaksi terjadi sebelum terinfeksi virus influenza, kata periset.

Konsumsi Secangkir Teh Oregano, Sederet Khasiatnya Bisa Dirasakan

"Selama bertahun-tahun, flavonoid dianggap memiliki sifat pelindung yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi," kata Ashley Steed dari Rumah Sakit Anak-anak St. Louis di AS.

Flavonoid biasanya ditemukan dalam teh hitam, anggur merah dan blueberry. "Kami dapat mengidentifikasi setidaknya satu jenis bakteri yang menggunakan senyawa diet ini untuk meningkatkan interferon, sebuah molekul sinyal yang membantu respon kekebalan tubuh," kata Thaddeus Stappenbeck, dari University of Washington.

Manfaat Teh Neem Membantu Mengatur Kadar Gula Darah

"Ini mencegah kerusakan paru yang terkait influenza pada tikus. Kerusakan seperti ini sering menyebabkan komplikasi serius seperti pneumonia pada manusia," tambah Stappenbeck. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Science. (ren)

Sakit flu

Kenaikan Kasus di Musim Pancaroba, Bagaimana Jika Sakit Flu dan COVID-19 Bersamaan?

Masih diperlukan lebih banyak penelitian mengenai bahaya penuh dari mengidap dua penyakit itu, COVID-19 dan influenze sekaligus.

7 Desember 2023