Konsumsi Makanan Terlalu Panas Memicu Kanker

Ilustrasi daging bakar
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id – Makanan menjadi salah satu faktor yang bisa memengaruhi kesehatan kita. Bahkan makanan dengan proses pengolahan tertentu juga bisa memicu kanker.

Minum Teh Ini Sama Bahayanya dengan Hisap 100 Rokok

Selain itu, makanan juga bisa memengaruhi kesehatan mulut. Mulut memiliki lapisan yang sangat rentan terhadap paparan bahan tertentu. Lapisan itu disebut dengan mukosa atau selaput lendir.

Menurut dr. Marlinda Adham, SpTHT-KL(K), makanan yang terlalu panas, paparan asap rokok bisa sangat memengaruhi mukosa. Jika paparan berlangsung dalam jangka waktu yang lama, bukan tidak mungkin akan memicu kanker.

3 Cara Mudah Cegah Kanker Payudara Sejak Muda

"Misalnya, kanker nasofaring yang dipengaruhi oleh makanan yang dibakar atau diawetkan. Seperti di China, dahulu makanan diasinkan dan dalam prosesnya terjadi kandungan karsinogenik," kata Marlinda kepada VIVA.co.id.

Selain makanan, ada faktor lain yang menimbulkan efek karsinogenik. Namun, itu tidak terjadi dalam waktu sebentar. Paparan itu terjadi terus menerus dan dalam waktu lama.

Sering Makan Sate dan Roti Bakar Bikin Kanker? Benarkah?

"Kalau daya tahan tubuh kita rendah, virus-virus bisa masuk. Tapi ketika data tahan tubuh baik, virus menjadi tidur. Ketika daya tahan rendah inilah virus bangun kembali dan ditambah dengan faktor lain sehingga menimbulkan kanker," jelas Marlinda. (ase)

Petani memperlihatkan sarang burung walet yang baru dipanen

12 Manfaat Minuman Sarang Burung Walet, Salah Satunya Menurunkan Kolesterol

Manfaat minuman Sarang burung walet atau dikenal juga dengan sebutan Edible's Bird Nest merupakan sarang yang tercipta dari air liur burung walet yang kemudian dipadatkan

img_title
VIVA.co.id
2 November 2022