Lebih Baik Mana, Minum Susu Atau Sport Drink Usai Olahraga?

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sudah banyak diketahui jika susu memberikan banyak manfaat luar biasa bagi tubuh. Menurut 324 penelitian, susu dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke hingga 20 persen.

Ini Bahan Pengganti Santan dalam Memasak, Cocok untuk Masak Menu Berbuka

Menurut dr Ariani Dewi Widodo, SpA(K), hal itu terjadi karena kalori yang diperoleh susu adalah kalori yang sehat. Terutama jika susu yang diminum adalah susu low fat.

"Susu low fat sama sekali tidak berkurang gizinya. Semua karbohidrat, protein, lebih sehat dan banyak," kata Ariani kepada VIVA.co.id baru-baru ini.

Aksi Heroik Petugas Damkar Selamatkan Bocah yang Kepalanya Nyangkut di Kaleng Susu

Bahkan, susu menjadi minuman yang paling baik dikonsumsi setelah berolahraga. Khususnya susu cokelat low fat. Ariani mengatakan, banyak penelitian yang membuktikan bahwa susu jenis ini memberikan banyak energi yang hilang setelah latihan berat dibandingkan sport drink dan minuman rendah kalori seperti air putih.

"Studi pada pesepeda, mereka yang minum susu cokelat setelah latihan, komposisi badan dan ototnya lebih bagus. Karena proteinnya tinggi dan salah satu pembentuk massa otot yang lebih sehat," jelas Ariani.

Gak Kalah Sehat, Susu Kacang Mede Diklaim Rendah Kalori Hingga Bebas Kolesterol

Inilah salah satu manfaat penting susu bagi orang dewasa. Ariani menambahkan, susu memberikan kondisi fisik yang lebih baik, waktu berolahraga juga lebih lama karena energi yang diberikan lebih banyak dibandingkan hanya minum sport drink saja.

Ilustrasi susu.

Pentingnya Konsumsi Susu saat Sahur untuk Jaga Kondisi selama Berpuasa

Salah satu yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama bulan Ramadhan adalah susu. Tapi sayang, tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia masih sangat rendah.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024