Deteksi Dini Kanker Lewat Tes Darah

Ilustrasi kanker.
Sumber :
  • Pixabay/PDPics

VIVA.co.id – Kanker terkenal sebagai salah satu penyakit mematikan. Tapi, penelitian saat ini menemukan terobosan baru. Ini tentu menjadi  kabar baik, karena peneliti mulai menemukan cara baru dalam mendeteksi kanker sejak dini.

Daun Sirsak dan Kulit Manggis Hanya Mitos Obat Kanker, Ini Kata Dokter

Dilansir dari laman Reader's Digest, para peneliti dari Johns Hopkins University, mencoba penelitian melalui serangkaian tes darah baru yang dapat mendeteksi kanker sebelum pasien merasakan gejalanya sama sekali. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Science Translational Medicine, mengklaim dapat mendeteksi kanker sejak dini.

Dalam studi tersebut, dipaparkan bahwa para peneliti dapat mendeteksi sejak dini penyakit kanker sebelum menyebar menjadi stadium lanjut. Mulai dari kanker payudara, kolon, paru-paru, serta kanker rahim. Tes ini dilakukan peneliti pada pasien yang berada pada fase awal kanker. Deteksinya dilakukan melalui tes darah.

Pakar Sebut Pasien Kanker yang Meninggal Bukan Karena Kanker Melainkan Serangan Jantung dan Stroke

Faktanya, tes darah itu dapat mendeteksi kanker sebesar 45 persen pada pasien kanker paru, 67 persen pada kanker rahim, dan 67 persen pada kanker payudara. Secara keseluruhan, tes darah dapat dilakukan pada tahap awal penyakit kanker ini.

Teliti pada keakuratan penyakit kanker, berfungsi besar pada kesehatan di masa depan. Terlebih, tahap awal kanker yakni berupa tumor, terkadang sering diabaikan.

Waspadai Risiko Kanker Tulang dari Kecelakaan, Bisa Picu Peradangan Parah

"Banyak yang tidak ingin skrining untuk deteksi kanker, kecuali benar-benar ada tandanya. Padahal, kalau sudah ada tumornya, itu yang sudah sulit ditangani," ujar National Cancer Institute, Dr. Wyndham Wilson.

Para peneliti berharap, perkembangan tes dengan metode targeted error correction sequencing ini dapat semakin membantu. Di mana, melalui metode ini, mereka dapat mendeteksi gen kanker pada 58 orang.

Ilustrasi kanker.

10 Cara Mengurangi Risiko Kanker, Murah dan Mudah Dilakukan

Seringkali, apa yang diketahui soal pencegahan kanker masih berubah. Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa risiko Anda terkena kanker ditentukan oleh pilihan gaya hidup

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024