Hati-hati, Tiup Lilin Kue Ulang Tahun Datangkan Bakteri

Ilustrasi kue ulangtahun
Sumber :

VIVA.co.id – Perayaan ulang tahun tidak lengkap rasanya jika tidak disertai prosesi tiup lilin. Prosesi tersebut dianggap sebagai sebuah pengawalan terhadap doa-doa agar sampai kepada Tuhan. 

Unggah Foto Jadul di Momen Ultah ke-24, Iqbaal Ramadhan Ungkap Hal Ini

Namun, sebuah studi baru-baru ini yang dimuat dalam Journal of Food Research menemukan bahwa meniup lilin menghasilkan 1.400 persen lebih banyak bakteri pada lapisan gula di atas kue daripada yang tidak melakukan prosesi peniupan lilin tersebut. 

Dilansir dalam Star2, Kamis 24 Agustus 2017, dalam laporan berjudul Bacterial Transfer Associated with Blowing Out Candles itu disebutkan,  lebih dari 2.000 "partikel lembab" diembuskan saat meniup lilin, masing-masing partikel tersebut cukup besar untuk membawa bakteri dan virus.

Deddy Corbuzier-Sabrina Chairunnisa Rayakan Ultah Anjing Peliharaan, Hal Ini Dipertanyakan Netizen

Beberapa bakteri yang diidentifikasi dalam penelitian ini meliputi staphylococcus, corynebacterium, haemophilus dan neisseria.

Periset dari Clemson University, di South Carolina, Amerika Serikat membandingkan meniup lilin di atas kue dengan membungkus sebuah kue dengan aluminium foil dan tidak menggunakan aluminium foil. 

Pesan Joe Biden di Hut ke-81, Kue Ulang Tahunnya Jadi Sorotan

Sebelum meniup lilin, para periset makan pizza untuk menikmati suasana pesta. "Kami juga ingin mensimulasikan pesta ulang tahun," kata rekan penulis studi Paul Dawson.

Namun, Dawson mengatakan, dia sendiri tidak terlalu terganggu dengan temuan tersebut. "Ini bukan masalah kesehatan yang besar dalam perspektif saya," katanya. (ren)
 

Ketua KPU Hasyim Asy'ari

Ketua KPU Bantah Dapat Kue Ulang Tahun dari PSI: Itu Saya Siapkan Sendiri

Video perayaan ulang tahun Ketua KPU dan pemotongan kue itu sempat viral.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024