Studi: Wanita Lebih Berstamina Dibandingkan Pria

Wanita olahraga.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebuah studi baru yang dipublikasikan di jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, menyebutkan jika pria sering dianggap lebih kuat secara fisik dibandingkan wanita. Ternyata, wanita memiliki stamina lebih tinggi dibanding pria.

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

Meski demikian, dilansir laman Metro.co.uk, studi ini terbilang kecil sehingga tidak bisa disebut secara absolut. Namun, studi ini merupakan sebuah riset yang menarik.

Studi itu dilakukan dengan cara, sejumlah peneliti menanyakan kepada delapan pria dan sembilan wanita berusia sama. Para peneliti juga melihat tingkat kebugaran mereka dalam melakukan latihan peregangan kaki yang melibatkan otot-otot di bagian belakang kaki.

Banyak Makan Manis dan Berlemak Saat Lebaran, Lakukan Tips Ini untuk Tetap Sehat

Para pria, terlihat lebih cepat dan bertenaga pada awalnya tapi tidak sampai seterusnya. Tampaknya, para pria lebih cepat lelah dibanding wanita, sejak wanita cenderung merasa sedikit lelah dibandingkan pria setelah aktivitas ketahanan tubuh.

Seperti dikemukakan sebelumnya, ini adalah studi kecil dan tidak terlalu komprehensif. Namun, studi ini benar menunjukkan bahwa wanita memiliki stamina yang lebih baik.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Bisa juga dikatakan, para pria memulai dengan terlalu keras dan menghabiskan energi mereka, sedangkan wanita melakukan aktivitas dengan lebih stabil dan memakai metode.

Menurut penulis penelitian, Brian Dalton, yang juga asisten profesor di University British Columbia Okanagan's School of Health and Exercise Science, hasil penelitian ini menunjukkan ‘wanita bisa bertahan lebih lama dari pria dengan rentang batas yang jauh’.

Meski demikian, Brian menambahkan, para pria tak perlu khawatir, baik pria dan wanita memiliki kemampuan fisik yang sama-sama berharga. Pada dasarnya, kedua gender sama-sama hebat. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya