Terungkap Penyebab Semakin Banyak Orang Alami Gangguan Tidur

Ilustrasi pria orgasme.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id –Sudah banyak penelitian menemukan bahaya dari pemakaian smartphone di malam hari saat menjelang tidur. Faktanya, penelitian terbaru menemukan, mereka yang bermain smartphone di waktu tersebut, sulit mendapatkan tidur yang berkualitas.

Biadab! Anak Durhaka di Cengkareng Ini Tega Bacok Ibu Kandungnya gegara Ponsel

Dilansir dari laman Reader's Digest, studi yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ Open, telah melakukan survei pada hampir 10 ribu remaja berusia 16-19 tahun. Menurut penelitian itu, tingginya dosis pemakaian ponsel pintar saat menjelang tidur, berisiko tinggi alami kekurangan waktu tidur.

"Hampir semua remaja melaporkan penggunaan pada satu atau lebih alat elektronik satu jam sebelum tidur. Penggunaan secara ekstensif, secara signifikan berkaitan dengan kekurangan waktu tidur," ujar peneliti tersebut.

Tak Dibelikan Ponsel, Pemuda Ini Nekat Panjat Tower PDAM Coba Bunuh Diri

Sejalan dengan penelitian sebelumnya, menunjukkan adanya stimulasi di otak, akibat hadirnya lampu dari layar ponsel sebelum waktu tidur tiba. Selain itu, postur yang salah saat penggunaan gadget itu berlangsung di atas tempat tidur, membuat nyeri di beberapa tempat dan akhirnya memicu sulit tidur.

"Penggunaan ponsel pintar ini dapat secara langsung berakibat pada waktu tidur yang diubah menjadi waktu bermain ponsel yang berdampak pada peningkatan gangguan psikofisiologis."

Begal Bercelurit Sasar Pelanggan Warkop di Bekasi, HP dan Dompet Dirampas

Agar waktu tidur bisa lebih berkualitas, sebaiknya saat menjelang tidur, lakukan aktivitas yang lebih baik seperti membaca buku, konsumsi teh, atau menulis jurnal. Dengan begitu, aktivitas tersebut dapat memperlambat jalan kerja otak yang memberi dampak kantuk. (mus)

Mokh Alfin Ramdhani alias Dhani

Kisah Inspiratif Dhani, Dari Game Online Hingga Jadi Sensasi di TikTok

Pada tahun 2021, Dhani memiliki ide untuk membuat turnamen game online. Ia membuka turnamen dengan biaya pendaftaran yang terjangkau.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024