Jika Kulit Muncul Tanda Ini, Waspadai Kanker Kulit

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebagai bagian terluar tubuh, kulit paling mudah terlihat. Karena itu, kulit yang sehat dan indah merupakan dambaan setiap wanita.

Hindari Kanker Kulit, Ini Pentingnya Re-Apply Sunscreen

Namun tahukah Anda, seiring menipisnya lapisan ozon di langit maka kemungkinan kasus kanker kulit akan terus meningkat. Meski penyakit ini sangat jarang tapi Anda perlu mengetahui tanda-tanda penyakit tersebut.

Menurut ahli kulit, dr. Sri Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV, kanker kulit awalnya muncul serupa dengan benjolan hingga bercak yang tidak beraturan di permukaan kulit. Kanker tersebut dapat tumbuh dan menyebar ke bagian lapisan bawah kulit.

Kerja Luar Ruangan Sebabkan 1 dari 3 Kematian Akibat Kanker Kulit, WHO Beri Saran Ini

"Meski sangat jarang, Anda perlu memerhatikan tanda-tanda dari kanker kulit. Ciri-cirinya seperti munculnya benjolan, bintil, atau bercak yang tidak beraturan di permukaan kulit," ujarnya kepada VIVA.co.id, belum lama ini.

Dia menuturkan, bahwa sebagian besar kasus kanker kulit terjadi di area kulit yang gampang dilihat. Umumnya kanker berkembang di area kulit yang sering terekspos sinar matahari, seperti kulit kepala, wajah, bibir, telinga, leher, dada dan tangan.

Waspada, 5 Tanda Peringatan Kanker Ini Sering Disalahartikan Sebagai Ketombe

Namun tak menutup kemungkinan kanker juga bisa dialami di area kulit tertutup. Sebagai contoh di telapak tangan, di bawah kuku tangan atau kaki, dan di area kemaluan.

"Jadi tanda kanker kulit itu umumnya bisa dilihat secara langsung tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa terjadi di area yang tertutup. Jika mengalami tanda demikian, Anda bisa hubungi dokter spesialis kulit," ujarnya menyarankan.

Sementara ciri-ciri lainnya, yakni munculnya benjolan yang bentuknya menyerupai mutiara atau yang permukaannya mengkilap. Selain itu, adanya luka yang bentuknya datar, berwarna seperti daging atau kecokelatan. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya