Konsumsi Tembakau Bisa Picu Kebutaan

Desa Vinales, Desa Penghasil Tembakau Terbaik di Dunia.
Sumber :
  • REUTERS / Pilar Olivares

VIVA.co.id – Tembakau yang umum digunakan dalam rokok, tidak hanya bisa menyebabkan kanker, tetapi penggunaan jangka panjang juga bisa menyebabkan kebutaan.

Pasal Tembakau di RPP Kesehatan Dinilai Ancam Pelaku Usaha dan Budaya Indonesia

Sejumlah dokter dari All India Institute of Medical Science (AIIMS) mengatakan, kasus kebutaan karena tembakau ini merupakan kasus yang tidak bisa diperbaiki, atau irreversible.

Dilansir laman Times of India, para dokter itu juga mengatakan bahwa sejumlah studi menunjukkan mereka yang merokok tembakau, secara signifikan berisiko mengalami katarak meningkat dibandingkan yang tidak merokok.

Pengurangan Bahaya Tembakau, Alternatif bagi Perokok Dewasa Beralih dari Kebiasaannya

Merokok, atau mengunyah tembakau lebih dari 5-10 tahun, kata para dokter, bisa memengaruhi saraf optik yang bisa mengakibatkan kehilangan pandangan.

"Seringkali, kasus kebutaan tidak bisa dikembalikan. Orang hanya tahu merokok dan mengunyah tembakau menyebabkan penyakit jantung dan kanker, tetapi kehilangan penglihatan, serta masalah mata lainnya karena tembakau tidak banyak diketahui," ujar Dr Atul Kumar, kepala Dr R P Centre for Ophthalmic Sciences di AIIMS.

Pekerja Seni: Aturan Tembakau di RPP Kesehatan Harus Dikaji Ulang

Dia mengatakan, total jumlah kasus kebutaan di India, setiap tahun lima persennya diakibatkan konsumsi tembakau.

Bea Cukai terus berupaya mencegah peredaran rokok ilegal

Bea Cukai Ajak Masyarakat Berantas Rokok Ilegal di Jember dan Banyuwangi

Bea Cukai terus berupaya mencegah peredaran rokok ilegal di Jember dan Banyuwangi. Upaya ini diwujudkan melalui langkah strategis, seperti sosialisasi kepada masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024