Fakta Penting di Balik Perawatan Organ Intim Wanita

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Pexels/Zygimantas Trinka

VIVA.co.id – Organ intim wanita merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi kaum hawa. Oleh karenanya, kesehatan organ intim adalah hal mutlak yang harus dijaga kebersihannya oleh setiap wanita termasuk Anda.

Doyan dan Hobi Masturbasi? Ternyata Bisa Bantu Cegah Kanker

Menjaga kesehatan area kewanitaan dapat menghindarkan Anda dari infeksi jamur dan juga bakteri penyebab bau tak sedap di area tersebut.

Menjaga kesehatan organ intim sebenarnya adalah hal yang mudah, namun seringkali wanita mengabaikan hingga seringkali menimbulkan masalah yang serius. Sebab, lengah sedikit merawat organ intim dapat berpengaruh pada banyak hal.

Ratus Vagina Bisa Bikin Miss V Rapat? Begini Kata Dokter Boyke

Beberapa di antaranya, seperti memengaruhi kesuburan, kehidupan seks dan kemampuan dalam mencapai orgasme. Masalah pada organ intim berpeluang untuk mendatangkan penyakit, juga memengaruhi kehidupan sosial, seperti kehilangan rasa percaya diri dan stres.

Dr.Anggraeni Noviandini, SpKK dari NMW Skin Care mengatakan bahwa untuk menjaga organ intim pastikan untuk menjaga kelembapan alaminya. Adapun caranya yakni dengan tidak memakai sabun kewanitaan terlalu sering.

Mainan Seks Sepanjang 10 Cm Nyangkut di Organ Intim Wanita, Dokter Sampai Syok!

Menurutnya sabun pembersih organ intim atau kewanitaan berisiko menyebabkan infeksi. Sebab bakteri yang sifatnya melindungi area organ intim wanita tersebut akan hilang.

"Pada dasarnya organ intim wanita sudah memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri melalui cairan vagina, dan jangan salah, vagina yang dapat melindungi area organ intim.

Bakteri tersebut membuat suasana asam (pH) pada vagina yaitu tetap pada angka 4,5 dan menghalau bakteri buruk yang mungkin sedang menyerang ke area vagina," ujar dr. Anggraeni Noviandini, SpKK  dari NMW Skin Care kepada VIVA.co.id di kawasan Jakarta Selatan, Senin, 4 September 2017.

Dia menuturkan bahwa hindari pula memakai pakaian dalam yang ketat. Itu karena akan mengganggu sirkulasi udara di area organ intim wanita.

Kemudian, merawat pakaian dalam juga berpengaruh pada kesehatan organ intim wanita. Untuk itu, sebaiknya cucilah pakaian dalam yang baru dibeli, sebelum memakainya dan hindari memakai panty liner terlalu sering.

Hal penting yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu setelah buang air kecil atau buang air besar sebaiknya basuhlah dengan air bersih dari arah depan ke belakang. Ini harus dilakukan agar tidak ada bakteri dari anus yang masuk ke vagina.

"Jadi saat membilas setelah buang kecil atau besar sebaiknya basuhlah dari arah depan baru ke belakang. Ini agar tidak ada bakteri yang masuk ke dalam vagina," ucap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya