Kesehatan Usus Pengaruhi Kesehatan Mental Seseorang

Ilustrasi sistem pencernaan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sejumlah ilmuwan menemukan bahwa ada kaitan antara kesehatan usus dengan kesehatan mental. Dalam penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa probiotik dapat menurunkan stres sehingga meningkatkan kesehatan mental. Selain itu penelitian tersebut juga membuktikan bahwa konsumsi gula bisa menyebabkan kecemasan dan depresi pada pria.

Fix Putus, Nikita Mirzani Ngaku Alami Kekerasan Mental dan Fisik dari Rizky Irmansyah

Pada penelitian lebih lanjut yang dilakukan baru-baru ini dalam sejumlah tes yang melibatkan tikus menunjukkan kaitan antara keduanya. Penelitian terakhir menunjukkan bahwa tikus yang dikembangbiakkan di lingkungan yang bebas kuman, dan  salah satunya mikrobiota usus, menunjukkan bahwa terjadi perkembangan dan prilaku otak, khususnya memengaruhi kecemasan tikus.

Mikrobiota, atau flora, yang meliputi bakteri, jamur, dan virus, yang kita pikir terbawa dari sel kuman tersebut ternyata  bermanfaat bagi tubuh dan otak. Dilansir laman Metro.co.uk, penelitian yang diterbitkan di jurnal Microbiome ini menunjukkan bahwa bakteri di dalam usus kemungkinan bisa memengaruhi microRNA, yang ada di korteks prefrontal dan amygdala, dua area otak yang berkaitan dengan kecemasan dan depresi.

Idap Gangguan Identitas Integritas Tubuh, Pria Ini Minta Dokter Potong 2 Jarinya yang Sehat

Hasil penelitian menunjukkan bahwa usus yang sehat penting untuk menjaga area khusus di otak ini untuk bekerja dengan benar. Selain itu penemuan ini merupakan penelitian pertama yang meneliti pada kedua wilayah tersebut.

Meski demikian, penulis penelitian mengatakan bahwa meskipun hasil penelitian ini menggembirakan, tapi masih perlu banyak riset lagi yang harus dilakukan sebelum hasilnya bisa benar-benar diaplikasikan kepada manusia. Karena, mereka masih belum mengetahui cara tepat bakteri memengaruhi microRNA otak. (ren)

Biar Gak Semakin Hancur, Pakar Kesehatan Mental Sarankan Ini pada Sandra Dewi
Rizky Irmansyah

Dituding Nikita Mirzani Lakukan Kekerasan, Rizky Irmansyah Batasi Komentar Instagram

Nikita Mirzani mengaku mengalami kekerasan mental dan fisik dari Rizky Irmansyah. Nikita Mirzani merasa ini sudah waktunya ia mengungkapkan tabiat asli sang mantan.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024