Kini Latihan Cardio Bisa Dilakukan dengan 'Menabuh Drum'

Latihan Cardio dengan Stik Drum
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id –Melakukan aktivitas olahraga bisa dilakukan dengan cara apapun. Bahkan bisa juga dilakukan dengan menggunakan stik drum. Ini, tentu menjadi keunikan tersendiri.

Semarak PON XX Papua, Ini 5 Rekomendasi Olahraga Ringan di Rumah

Stik drum kini tidak lagi ekslusif sebagai peralatan seorang drummer. Untuk mereka yang memiliki hobi olahraga, stik drum bisa menjadi alat untuk mengeluarkan keringat. Bahkan, lebih deras ketimbang bermain drum.

"Pound ini unik karena kita pakai stik untuk melakukan gerakan menggebuk sebagai latihan kardionya, seperti main drum,” kata Rima Melati Adams, instruktur Pound Fit saat Grand Opening Carport Jakarta di The Broadway Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu, 9 September 2017.

Lakukan 5 Olahraga Ini agar Tetap Sehat Selama Ramadan

Mengutip laman Pound Fit, olahraga ini adalah latihan jam session kardio pertama yang dipengaruhi oleh semangat dan keringat yang menetes saat bermain drum.

Ribstick, tongkat kayu menyerupai stik drum berwarna hijau cerah itu memang tidak dipukul-pukul ke drum, melainkan ke matras, dan dibenturkan satu sama lain sambil mengikuti ritme lagu yang diputar.

Ini Jenis dan Waktu yang Tepat Olahraga saat Puasa

“Kita ingin fun bareng sambil berkeringat,” ujar Rima usai memandu kelas Pound Fit selama 75 menit di Carport Jakarta.

Istri penyanyi Marcell Siahaan ini mengatakan, kelas Pound Fit memang cocok diadakan di Carport Jakarta yang merupakan tempat fitnes berbasis komunitas dan bergerak dalam bentuk kelas-kelas berkelompok.

Najwa Shihab, presenter TV yang ikut serta dalam latihan Pound Fit, merasakan betul bagaimana dalam lingkungan yang mendukung itu motivasi dan semangat dalam berolahraga akan jauh meningkat.

“Saya sudah latihan di Carport sejak awal buka. Saya senang karena di sini saling support dalam berolahraga, dan suasananya kekeluargaan,” kata Najwa yang sangat berkeringat usai mengikuti kelas Pound Fit.

Founder Carport Jakarta, Riza Alaydrus, mengatakan, komunitas fitnes yang dia dan kawan-kawannya bangun ini terbentuk secara alami. “Berawal dari garasi rumah saya, makanya namanya carport,” ujar Riza yang 'memindahkan' carport-nya di The Broadway Kemang.

Riza menjelaskan, Carport Jakarta adalah strength dan conditioning gym yang mengutamakan gerakan-gerakan variatif fungsional dengan tingkat intensitas pengerjaan yang beragam (low-moderate-high).

"Gerakan fungsional ini merupakan gerakan-gerakan yang kita alami sehari-harinya dalam beraktivitas, seperti di antaranya squat, push and pull,” ujarnya.

Itu sebabnya, kata Riza, Carport Jakarta tidak menggunakan alat-alat fitnes yang berat sebagai sarana latihan. “Alat-alat kita sederhana, karena kita lebih banyak pakai body weight (berat badan) dalam latihan,” ujarnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya