Konsumsi Pisang untuk Sarapan, Ini Syaratnya

Buah pisang
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA.co.id – Rasanya manis dan mudah dikonsumsi, membuat buah pisang menjadi sumber sarapan pagi yang paling diburu masyarakat. Tetapi, cukupkah asupan buah pisang saja sebagai sarapan pagi?

Cerita Raisa Suka Pisang: Bisa Naikin Mood Kalau Lagi Lemas

Perlu dipahami, kebutuhan energi untuk beraktivitas pada wanita dan pria memiliki perbedaan. Pada pria, kebutuhan kalori tersebut mesti lebih banyak dari wanita.

"Angka kecukupan gizi dari aspek energi yang harus dimakan pada pria sekitar 1800-2100 kalori dan wanita 1500-1800 kalori. Kebutuhan tersebut juga harus sesuai dengan usia, tinggi badan, jenis kelamin, dan aktivitas," ujar Ahli gizi, dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, di kawasan SCBD, Jakarta, Selasa 12 September 2017.

15 Manfaat Konsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Dalam memenuhi angka tersebut, peran sarapan pagi sangat besar. Namun, tidak jarang, karena padatnya aktivitas, banyak orang yang hanya konsumsi makanan yang mudah disajikan, salah satunya buah pisang.

"Kalau mau makan pisang, pilih yang masih agak mengkel (tidak terlalu tua) agar karbohidratnya cukup serta gulanya rendah. Pilih yang warnanya kuning dengan segaris hijau. Konsumsinya juga cukup satu buah saja," paparnya.

Selain Murah, Buah Pisang Bisa Atasi GERD

Tidak cukup sampai di situ, Samuel menekankan pentingnya jenis zat gizi lain untuk melengkapi sarapan pagi. Konsumsi buah pisang saja, dirasa kurang untuk mencukupi kebutuhan zat gizi.

"Paling pas satu buah saja saat sarapan. Selain pisang, harus dilengkapi juga dengan protein dari putih telur, atau susu." (asp)

Pisang.

Jangan Salah, Jenis Pisang Ini Mampu Obati Asam Urat dengan Tuntas

Apa ada jenis pisang yang baik untuk asam urat dan mampu menyembuhkan serta tidak akan kambuh kembali?

img_title
VIVA.co.id
10 Oktober 2021