Terlambat Ditangani, Saraf Terjepit Bisa Sebabkan Kelumpuhan

Ilustrasi patah hati.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id – Herniated nucleus pulposus (HNP) atau keluarnya bantalan tulang belakang merupakan keluhan yang paling sering dialami oleh masyarakat, khususnya mereka yang berada di usia tua. Oleh orang awam, kondisi ini dikenal dengan saraf terjepit.

Apa Itu Frozen Shoulder? Dapat Sebabkan Seseorang Sulit Gerakan Bahu

Pakar nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Onta Merah, dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS mengatakan, nyeri pinggang bagian bawah merupakan kasus yang paling sering terjadi. Bahkan 50 persen orang yang hidup suatu saat nanti akan merasakan nyeri pinggang.

"Nyeri pinggang ini sangat mengganggu, bisa membuat tidak bisa bekerja, bahkan harus cuti. Pokoknya bisa menurunkan produktivitas," ujar Mahdian di kawasan Warung Jati, Jakarta, Selasa, 12 September 2017.

Suka Kretek Leher, Hati-Hati Bisa Jadi Saraf Kejepit

Penderitanya juga paling sering bolak-balik ke rumah sakit. Dari sekian banyak pasien yang datang ke poli saraf, sebagian besar keluhannya adalah nyeri pinggang atau lutut. Dan jika sudah pernah terkena sekali, pasti akan sering kembali ke rumah sakit.

Mahdian menyebut, jika nyeri pinggang ini adalah penyakit yang bandel. Tapi, tidak banyak yang menyadari bahwa sakit nyeri harus dilakukan tindakan. Salah satunya dengan operasi.

Hati-Hati Tanda Saraf Kejepit yang Jarang Disadari Masyarakat

"Tapi, dari 10 pasien yang ditawarkan operasi, 9 orang memilih tidak mau operasi. Mereka akan mencari obat yang lain," kata Mahdian.

Pengobatan alternatif yang dipilih tersebut meliputi fisioterapi, obat-obatan, akupuntur, hingga pengobatan herbal atau teknik non-medis lainnya. Namun sayangnya, kata Mahdian, saraf terjepit ini tidak bisa diobati kecuali dengan operasi.

"Dampaknya kalau tidak mau operasi, dan datang sudah dalam keadaan terlambat bisa terjadi kelumpuhan. Saraf terjepit kalau lebih dari tiga bulan, kaki bisa mengecil," imbuhnya.

Seringkali, pasien datang sudah dalam kondisi yang terlambat. Karena meeka sibuk mencari pengobatan lain dan tidak kunjung sembuh, pada akhirnya mereka menyerah lalu minta dioperasi. Padahal kondisi mereka sudah memburuk dan kalau pun dilakukan operasi, tetap akan terjadi kelumpuhan.

Inilah yang kemudian melekat dalam persepsi masyarakat, bahwa operasi saraf terjepit yang menyebabkan kelumpuhan. Pada kenyataannya, keterlambatan keputusan keluarga atau pasien itu sendiri karena takut operasi yang menyebabkan saraf terlanjur rusak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya