Kurang Vitamin B Bikin Tubuh Sulit Serap Nutrisi Makanan

Steak.
Sumber :
  • Pixabay/ink_lee0

VIVA.co.id – Tidak banyak yang tahu bahwa peran vitamin B untuk mencukupi kebutuhan zat gizi tubuh sangat besar. Tanpa adanya vitamin B, maka nutrisi makanan akan sulit diserap oleh tubuh.

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Zat gizi sendiri terdiri dari dua jenis yaitu mikronutrien dan makronutrien. Vitamin B masuk ke dalam jenis mikronutrien yang lebih sering diabaikan.

"Banyak yang tidak memahami bahwa penyerapan zat gizi dari makanan makro itu membutuhkan peran dari vitamin B," ujar Ahli gizi, dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK. kepada VIVA.co.id saat ditemui belum lama ini.

Ngeri! Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan, Berisiko Kematian

Menurut Samuel, proses penyerapan zat gizi akan sangat maksimal dengan dibantu oleh mediator dari vitamin B. Tanpa kehadiran vitamin B, metabolisme tubuh akan menurun dan sulit menyerap zat gizi, meski sudah mengonsumsi banyak jenis makanan.

"Vitamin B sebagai mediator intrasel yang bekerja untuk memproses pembentukan energi. Kalau vitamin B kurang, metabolisme tubuh juga akan menurun sehingga proses pembentukan energi akan terhambat," paparnya.

6 Menu Buka Puasa Sehat Ini Bikin Energi Penuh, Cegah Diabetes & Hipertensi!

Samuel mengatakan, banyak jenis makanan yang sebenarnya mengandung vitamin B. Itulah sebabnya, ia menyarankan agar masyarakat rutin mengonsumsi vitamin satu ini.

"Makanan seperti gandum utuh itu sangat tinggi vitamin B. Di samping itu, makanan seperti daging sapi dan ikan juga memiliki vitamin B tinggi, tapi untuk konsumsi daging sapi sendiri harus dibatasi karena juga memiliki sifat karsinogenik (pemicu kanker)," kata dia.

Ilustrasi makanan sehat.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Puasa ramadhan tidak hanya menjadi waktu untuk meningkatkan spiritualitas, tetapi juga bisa untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan memilih takjil yang tepat.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2024