Terlalu Lama Duduk Picu Diabetes, Ini Tips Menghindarinya

Ilustrasi pria bekerja.
Sumber :
  • Pixabay/StartupStockPhotos

VIVA.co.id – Duduk selama satu hari penuh, memicu dampak buruk pada tubuh. Untuk itu, para peneliti menyarankan agar masyarakat sering meninggalkan kursinya agar tubuhnya tetap sehat.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Dilansir dari laman Reader's Digest, duduk seharian penuh memicu nyeri punggung. Bahkan, itu dikaitkan dengan penyakit berbahaya seperti diabetes, gangguan jantung, dan masalah ginjal. Maka, peneliti memberikan cara mudah agar bisa sering meninggalkan kursi nyaman Anda.

Selama satu minggu, penelitian melibatkan 7 ribu orang dewasa berusia 45 tahun. Penelitian itu merekam jejak aktivitasnya saat berdiri, jalan, dan duduk. Hasilnya, rata-rata, partisipan duduk selama lebih dari 12 jam per hari.

Glaukoma Lebih Berbahaya Daripada Katarak

Para peneliti kemudian membuat cara mudah agar masyarakat dapat terus mengingat untuk berdiri dan berjalan. Mereka merekomendasikan untuk selalu berjalan atau berdiri tiap 30 menit.

"Jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan duduk dalam waktu lama, kami menyarankan untuk bergerak dan berdiri tiap 30 menit," ujar peneliti Keith Diaz.

Waspada, Ini 4 Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur, Bisa Sebabkan Diabetes

Pasang alarm di gadget Anda untuk mengingatkan diri agar berdiri tiap 30 menit tersebut. Biasakan untuk melakukan aktivitas saat berdiri seperti mengambil minuman, berjalan ke toilet atau sekadar melakukan peregangan.
 

Ilustrasi obat suntik diabetes

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Puasa adalah salah satu praktik keagamaan yang dijalankan oleh jutaan orang di seluruh dunia, termasuk mereka yang menderita diabetes supaya tahan seharian.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024