Benarkah Kuah Masakan Padang Picu Serangan Jantung?

Masakan khas Padang
Sumber :
  • VIVAnews

VIVA.co.id – Lezatnya masakan padang, seringkali menjadi kegemaran dari banyak orang. Tapi, kuah santannya yang menggugah selera itu, berbahaya untuk kesehatan jantung.

Menikmati Kuliner Minang yang Melegenda Sejak 1973 di Cisarua Puncak Bogor

Kuah lezat masakan padang, biasanya menjadi buruan banyak orang. Kuah tersebut umumnya terbuat dari santan. Tapi, di balik kenikmatan olahan dari santan tersebut, tersimpan bahaya fatal.

"Banyak orang yang milih banyakin kuah makanan padang dibanding dagingnya, padahal itu bahaya. Santan di kuahnya itu mengandung asam lemak jenuh," ujar dokter spesialis jantung, dr. Jetty R. Sedyawan, Sp.JP(K), FIHA, FACC., kepada VIVA.co.id.

Arief Muhammad Review Masakan Padang Rp1,8 Juta di Maldives, Gimana Rasanya?

Konsumsi dalam porsi banyak dan secara terus menerus, memicu tumpukan lemak di peredaran darah. Lemak atau plak yang menetap itu, lama kelamaan bisa menyumbat aliran darah ke seluruh tubuh.

"Adanya lemak di pembuluh darah kemudian disertai adrenalin entah saat beraktivitas atau melakukan olahraga, memicu serangan jantung terjadi. Apalagi saat baru bangun tidur, adrenalin terpacu kuat," kata dia.

Rahasia Masakan Padang yang Kental dan Pekat, Tidak Pelit Bumbu dan Rempah

Momen bangun tidur, lanjut Jetty, menjadi momen paling riskan untuk mengalami serangan jantung. Untuk itu, ia menyarankan agar masyarakat bisa menjaga asupan lemak yang dikonsumsi.

"Sebaiknya kuah santan makanan padang dibatasi agar lemak di tubuh bisa terjaga. Kalau perlu, ambil bagian dagingnya saja dan jangan kuahnya semua," papar dia.

Ayam Pop

Rahasia Nikmat Ayam Pop RM Padang ala Chef Devina: Resep Istimewa untuk Lebaran yang Berkesan

Berikut ini adalah resep membuat ayam pop yang lezat ala rumah makan Padang yang cocok disajikan ketika Lebaran.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024