Olahraga Manjur Cegah Osteoporosis Dini

Melawan osteoporosis dengan olahraga dan aktif bergerak
Sumber :
  • VIVAnews/Icha

VIVA.co.id –  Osteoporosis seringkali menjadi 'musuh' bagi setiap orang, terutama yang berusia lanjut. Penyakit tersebut, seringnya mengintai secara diam-diam tanpa ada tanda-tanda khusus. 

Osteoporosis, Ancaman Wanita Pasca Menopause

Namun, tak perlu khawatir. Osteoporosis menjadi salah satu penyakit yang bisa dicegah dengan aktif bergerak dan olahraga. Jenis olahraga yang mampu mencegah osteoporosis, yakni dengan melibatkan beban.

"Olahraga yang dilakukan adalah dengan tambahan beban ringan. Misalkan, saat jalan kaki atau senam, tambahkan pemberat di kaki. Adanya tambahan beban tersebut, agar menambah kontraksi otot," ujar Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Leny Pintowari, SpKO, dalam acara Festival Komunitas di Lapangan Kemenpora RI, Jakarta, Minggu 17 September 2017.

Rutin Minum Susu Cegah Osteoporosis? Kata Dokter Cuma Mitos

Leny menjelaskan, penambahan beban ringan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang. Beban itu dapat menyebabkan kontraksi otot, dan memicu adanya tarikan otot sehingga merangsang terjadinya kepadatan tulang. 

"Beban sekitar satu kilo atau disesuaikan dengan kemampuan per orang, dapat membentuk tulang. Jadi, beban memicu kontraksi otot lalu merangsang siklus penyerapan tulang kembali sehingga membuat tulang padat lagi," kata dia.

Hari Osteoporosis Nasional 2023 Gaungkan Kolaborasi Kuatkan Tulang Indonesia

Dengan begitu, olahraga sendiri sudah bukan hanya sarana pencegah tapi juga pengobatan untuk ragam penyakit, seperti kasus osteoporosis ini. Leny menambahkan, peran vitamin dibutuhkan untuk terus menstimulasi kepadatan tulang.

"Vitamin D dan tarikan otot adalah dua hal yang dibutuhkan untuk cegah osteoporosis. Tetapi, kalau tulangnya sudah sangat keropos, sebaiknya segera ke dokter," ujarnya. (asp)

Minum kopi saat sarapan

5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Kopi, dari Gangguan Lambung hingga Osteoporosis

Kopi adalah minuman yang populer di seluruh dunia dan dikonsumsi oleh jutaan orang setiap hari. Meskipun kopi memiliki beberapa manfaat tapi ada pula dampak buruknya.

img_title
VIVA.co.id
22 Januari 2024