Solusi Atasi Masalah Kesehatan Akibat Kurang Tidur

Ilustrasi pria tidur mendengkur
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Menurut seorang ahli tidur, Profesor Matthew Walker, saat ini, kita mengalami 'bencana epidemik kurang tidur' yang bisa mengakibatkan penyakit-penyakit fatal.

Kurang Tidur Saat Puasa, Bisa Picu Kenaikan Kadar Kolesterol, Kok Bisa?

Menurut Walker, dilansir Metro.co.uk, hanya satu malam saja Anda tidur, 4 atau 5 jam, sel pembunuh alami Anda yaitu sel baik yang menyerang sel kanker, akan menurun sebanyak 70 persen.

Bagi Anda yang mengalami insomnia, fakta ini mungkin terdengar menakutkan. Tapi, jangan panik. Insomnia sudah cukup buruk, tanpa ditambah pikiran bahwa Anda akan meninggal karena kanker akibat tidak bisa tidur.

Begadang Bisa Sebabkan Hipertensi, Ini Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Perlu Anda ketahui, ada beberapa hal lain yang bisa membuat Anda sehat atau tidak sehat, jadi menyeimbangkan waktu kurang tidur Anda masih sangat mungkin dilakukan.

Jika Anda suka mengonsumsi alkohol, lakukan latihan rutin dan minum banyak air. Anda bisa jadi lebih sehat dibandingkan perokok berat yang tidur 12 jam semalam.

Kurang Tidur Karena Kejar Deadline Bisa Sebabkan Risiko Terjadinya Stroke

Jika Anda mencari solusi untuk masalah tidur, Dr Mark Winwood dari layanan kesehatan AXA PPP tengah menciptakan solusi yang bisa mengatasi insomnia.

Solusi ini disebut dengan alat yang dapat menginduksi "head-gasm" yaitu soundtrack ASMR.

ASMR atau Autonomous Sensory Meridian Response, menggunakan suara berdefinisi tinggi seperti suara membalik halaman buku dan suara berbisik yang menginduksi sensasi menggelitik, yang biasanya dimulai dari belakang kemudian bergerak ke seluruh tubuh dan menginduksi rasa santai.

Solusi masalah tidur lainnya bisa juga berupa menghindari tipe cahaya tertentu, hingga tidak memaksakan diri untuk tertidur.

Kekhawatiran Profesor Walker tentang kurang tidur bisa menyebabkan penyakit bukan berarti Anda harus panik, tapi ini bisa menjadi pengingat bahwa betapa pentingnya tidur itu.

Sama seperti olahraga, banyak minum air putih, banyak tertawa, menghabiskan waktu dengan orang-orang yang Anda cintai, merupakan jalan sutra menuju kesehatan tubuh yang baik. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya