Olahraga 21 Menit Sehari Bisa Tambah Umur Tiga Tahun

ilustrasi orangtua dan anak olahraga.
Sumber :
  • pixabay/ skezee

VIVA.co.id – Selalu aktif bergerak, bisa memberikan manfaat untuk kesehatan dan kebugaran. Bahkan, penelitian telah membuktikan, menambah durasi aktivitas fisik, lewat olahraga bisa memperpanjang usia.

5 Manfaat Main Basket Bagi Tubuh dan Mental

Menurut penelitian dari 6.600 orang selama 12 bulan, yang dilakukan oleh VitalityHealth, mereka yang meningkatkan tingkat aktivitas fisik hingga 150 menit seminggu, sekitar 21 menit sehari, merasa bahwa usia harapan hidup mereka bertambah hingga lebih dari tiga tahun.

Ini merupakan panduan jumlah olahraga nasional Inggris saat ini untuk orang dewasa, tetapi jika itu nampak tidak mungkin dicapai, para peneliti menemukan bahwa bergerak hanya selama 90 atau 60 menit seminggu bisa meningkatkan usia harapan hidup hingga 2,7 tahun dan 2,4 tahun berturut-turut.

5 Manfaat Olahraga untuk Atasi Kolesterol, Ampuh Usir Lemak Jahat

Dilansir laman The Independent, Jumat 6 Oktober 2017, para peneliti mengkalkulasi temuan mereka dengan menganalisa masing-masing 'usia vitalitas' partisipan.

Ini merupakan ukuran agregat kesehatan yang mengevaluasi jarak antara usia fisik tubuh dan usia sebenarnya.

Olahraga Cricket Mulai Digemari, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Dengan melakukan survei para partisipan sebelumnya dan setelah mereka melakukan perubahan terhadap prilaku mereka setiap hari, para peneliti bisa mengukur dampak dari prilaku mereka terhadap usia harapan hidupnya.

Para partisipan itu mengungkapkan bahwa penghalang utama yang menghambat mereka melakukan aktivitas olahraga adalah keterbatasan (31 persen), biaya (21 persen), dan tidak menikmatinya (19 persen).

Salah satu cara para ahli mendorong masyarakat beraktivitas lebih banyak lagi adalah dengan menunjukkan bagaimana kita bisa menjadi 'atlet sehari-hari'.

Gagasannya adalah dengan membuat perubahan kecil, seperti memilih naik tangga, atau beridri selama setengah jam di tempat kerja, Anda bisa memasukkan aktivitas olahraga apapun ke dalam rutinitas sehari-hari tanpa berusaha keras.

Olahraga bisa meningkatkan kesehatan mental, percaya diri, kekuatan, kebugaran, dan motivasi, tapi jika alasan itu tidak cukup untuk menginspirasi Anda untuk bergerak, mungkin prospek penambahan usia tiga tahun ke kehidupan Anda bisa membantu. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya