Cokelat Mampu Redakan Sakit saat Haid, Benarkah?

Ilustrasi makan cokelat.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVA.co.id – Saat menstruasi atau haid hari pertama, banyak perempuan seringkali mengalami sakit yang tak tertahankan. Keluhan kerap datang dari rasa perut yang dan bagian pinggang yang terasa pegal dan kaku. 

Deretan Tradisi Aneh Valentine di Seluruh Dunia, Ada yang Bikin Melongo!

Tidak hanya itu, beberapa lainnya juga tak jarang mengeluhkan menjadi lebih sensitif dan mudah marah. Beberapa cara juga sering dilakukan untuk membuat rasa sakit itu reda dan membangkitkan lagi suasana hati. 

Salah satunya dengan mengonsumsi cokelat. Banyak orang percaya bahwa cokelat mampu memperbaiki suasana hati saat sedang menstruasi. Tapi benarkah demikian? 

Mengapa Hari Valentine Sangat Identik dengan Cokelat? Ini Faktanya

"Sebenarnya bukan exactly menghilangkan rasa sakit tapi ada faktor yang teralihkan," ungkap Psikolog Ajeng Raviando saat peluncuran Cadbury 5Star, di Jakarta. 

Ajeng memaparkan, bahwa cokelat mempunyai kandungan yang mampu menstimulasi hormon dalam tubuh yang membuat seorang menjadi lebih tenang dan bahagia. Sehingga hal tersebut mengalihkan rasa sakit yang kerap datang saat menstruasi hari pertama. 

Biasa Jadi Hadiah Valentine, Jenis Cokelat Ini Ternyata Kurang Baik untuk Kesehatan

"Ada hal yang menyenangkan. Jadi kalau timbul rasa senang kan jadi sedikit teralihkan bisa jadi rasa sakit tidak  berkurang tapi beralih ke hal lain yang menyenangkan," ungkap Ajeng. 

Lebih jauh, Ajeng menegaskan bahwa pada saat mengonsumsi cokelat fokus dalam pikiran menjadi berubah. "Jadi kalau makan sesuatu yg bikin senang dan happy, ambience-nya berubah dan berubah dari rasa sakit menjadi lebih senang."

Hari Valentine

Serba-serbi Perayaan Valentine 14 Februari

Setiap tanggal 14 Februari, beberapa masyarakat merayakan hari Valentine. Tahun ini, hari Valentine jatuh pada hari Rabu besok yang bebarengan dengan pemilu.

img_title
VIVA.co.id
13 Februari 2024