Pentingnya Support Grup Bagi Para Penyintas Kanker

Ilustrasi wanita .
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Selain melakukan pengobatan dan perawatan secara intensif, dukungan dari orang terdekat juga sangat penting bagi para penderita kanker. Hal ini diungkapkan oleh dr. Riana Rikanti Hakim SpRad (K) Onk, spesialis onkologi radiologi Siloam Hospital TB Simatupang. 

Didiagnosis Kanker Pasca Operasi, Kate Middleton Jalani Kemoterapi

"Jadi sangat penting sekali, karena pasien yang terdiagnosa tidak hanya butuh perawatan secara fisik saja, tapi juga psikologis dan nanti ujungnya ialah pada quality of life," ungkap Riana di Siloam Hospital TB Simatupang, Senin 23 Oktober 2017. 

Selain keluarga, dan orang terdekat, dukungan dari sesama penyintas, lanjut Riana ternyata juga sangat dibutuhkan oleh mereka yang ter diagnosa kanker. Dengan dukungan dari penyintas, Riana mengatakan, bahwa timbul rasa empati yang membangkitkan semangat dari para penyintas dalam menjalani perawatan. 

Nunung Srimulat Bugar Kembali, Proses Pengobatan Selesai

"Saya mungkin bukan pasien jadi tidak tahu persisnya,  tapi dari pengalaman saya melihat mengapa para penyintas itu begitu dekat karena ada ikatan untuk berjuang dan sembuh dari penyakit yang sama, ini penting untuk mendukung quality of life mereka," ungkap Riana. 

Dengan demikian para penyintas bisa bertukar pengalaman, berbagi informasi, dan saling mendukung dalam melewati masa-masa sulitnya. 

Akupunktur Sebagai Pengobatan Paliatif Kanker

"Jadi cancer survivor community itu penting untuk para penyintas dan juga untuk dukungan moral bagi keluarganya, karena keluarga yang merawat pasti juga merasakan secara psikologis," ungkap dia. 

Kate Middleton umumkan idap kanker

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

"Operasi saya berhasil. Namun tes pasca operasi menunjukkan adanya kanker. Oleh karena itu, tim medis menyarankan agar saya menjalani kemoterapi preventif," kata Kate.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024