Pakai Kacamata Bikin Minus Mata Bertambah, Mitos atau Fakta?

Anak berkacamata.
Sumber :
  • Pixabay/Publikdomainpictures

VIVA – “Menggunakan kacamata terus menerus dapat membuat minus di mata bertambah”. Beberapa orang percaya pada mitos tersebut.

Mengenal Terapi Ortho-K, Metode yang Membantu Pemain Basket Timnas Bebas dari Mata Minus

Sudah saatnya Anda mengetahui bahwa minus atau plus mata, terutama mata anak pasti akan bertambah mengikuti perkembangan penderitanya. Menurut dokter spesialis mata dr. Gitalisa Andayani, Sp. M(K), penggunaan kacamata tidak memengaruhi bertambahnya minus atau plus mata.

Wanita yang juga menjabat sebagai humas Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) mengatakan, pada umumnya miopia atau rabun jauh terjadi karena sumbu bola mata lebih panjang dibandingkan dengan rata-rata.

Faktor Sebenarnya Penyebab Mata Minus, Bukan Sering Baca di Tempat Gelap

“Kornea juga lebih cembung dibandingkan dengan cekungan kornea yang normal. Jadi ketika miopia terjadi pada anak-anak, pastinya miopia seperti minus atau plus itu pasti bertambah mengikuti perkembangan si anak," ucapnya saat ditemui pada talkshow Philips Lighting LED 'Eye Comfort' di Rumah Maroko, Jakarta, Kamis 26 Oktober 2017.

Ia kembali menekankan, pernyataan yang beredar bahwa menggunakan kacamata justru menambah minus dan plus mata seseorang adalah mitos. Ia mengatakan, justru menggunakan kacamata akan membantu panca indera penderita.

Benarkah Kacamata Blue Ray Mencegah Mata Minus?

"Penggunaan kacamata justru harus, karena jika sudah ada kelainan minus dan plus pada mata dan tidak menggunakan kacamata akan mempersulit aktivitas sehari-hari, dan akan membuat mata lebih terasa lebih cepat lelah," ujarnya.

Teknologi mutakhir SMILE berhasil bebaskan 15.000 penderita mata minus-silinder

Optimalkan Layanan SMILE, RS JEC Bebaskan 15.000 Penderita Mata Minus dan Silinder

Teknologi mutakhir SMILE merupakan inovasi keluaran ZEISS, perusahaan global yang fokus pada pengembangan solusi optik-optoelektronik, dan menjadi layanan di RS Mata JEC.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2024