Kisah Para Artis Berjuang Temani Penyintas Kanker

Ririn Ekawati
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Annisa Trihapsari dan Ririn Ekawati punya pengalaman tersendiri dalam menemani para pengidap kanker berjuang melawan penyakitnya. Mereka memiliki kisah yang berbeda akan hal tersebut.

Kemoterapi untuk Pasien Kanker, Seberapa Efektifkah?

Seperti yang dialami Ririn. Dia baru saja ditinggal sang suami, Ferry Wijaya, yang wafat setelah menderita leukimia pada Juni 2017 lalu. Ia lantas bercerita saat menemani tahun-tahun terakhir suaminya.

"Dia orangnya memang positif banget, sampai teman-teman enggak lihat dia kayak orang sakit. Dia betul-betul jaga penampilan karena kalau kemo nanti rambutnya rontok, sehingga sempat enggak mau berobat," ujar Ririn di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, pada Selasa, 31 Oktober 2017.

Detoks Terbaik Pasien Kanker, Hingga 3 Gaya Misionaris Nakal

Sempat putus asa, Ririn lantas mendapat kabar bahagia. Ia mendapati dirinya hamil.

"Akhirnya, hal tersebut bisa jadi pemicu semangat buat dia berobat. Dia punya orang yang harus disayangi juga nantinya," kata Ririn, yang ditemani adiknya, Rini Yulianti, saat mengisi acara komunitas penyintas kanker.

Pasien-pasien Kanker di Surabaya 'Menghilang' dari RS karena Corona

Ada pula Annisa Trihapsari yang menemani sang ibu semasa terkena kanker sarkoma. Penyakit itu tergolong langka dalam kelompoknya, dengan penderita kisaran 1% di seluruh dunia.

"Ibu saya kanker sarkoma, adanya di otot tubuh kita. Ketauannya sudah stadium 4, konon katanya kalau sudah ketahuan di stadium itu ya begitulah," tuturnya.

Annisa menggambarkan rasa sakit yang diderita ibunya yakni meliputi otot. Selepas ditinggal sang ibu, ia mendapat banyak pelajaran yang bisa dipetik

"Mungkin di sini aku punya pemikiran bahwa bersyukur itu harus dilakukan setiap saat. Kita enggak tahu nanti bakal terjadi apa," ujar Annisa. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya