Cuci Perut, Penanganan Alternatif Gagal Ginjal

Ilustrasi ginjal
Sumber :
  • kidney.org

VIVA – Cuci darah seringkali menjadi pilihan perawatan utama oleh para pengidap gagal ginjal. Namun, cuci perut menjadi alternatif perawatan yang sebenarnya memiliki ragam keunggulan lain.

5 Tewas dan Lainnya Dilaporkan Gagal Ginjal Diduga Usai Konsumsi Suplemen Buatan Perusahaan Jepang

Spesialis penyakit dalam, dr. Jonny, Sp.PD-KGH, M.Kes, MM mengatakan, penyakit gagal ginjal memiliki pilihan perawatan alternatif yaitu cuci perut. Menurut dia, cuci perut memiliki harapan hidup yang lebih besar dibanding cuci darah.

"Cuci perut memiliki harapan hidup lebih lama dibanding cuci darah. Sebab, cuci perut rutin dibersihkan, dibandingkan dengan cuci darah yang hanya dilakukan seminggu sekali," ujar Jonny, dalam Media Arrangement KPCDI Patient Gathering bersama Baxter di Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Minggu, 5 November 2017.

Kemenkes Khawatir Pembiayaan Penyakit Ginjal Meningkat Karena Hal Ini

Cuci perut merupakan proses pergantian cairan di ginjal tanpa menggunakan alat khusus seperti cuci darah. Menurut Jonny, hal ini yang memudahkan pasien bisa rutin membersihkan cairan di ginjalnya.

"Cuci perut dilakukan empat kali sehari yaitu saat pagi, siang, sore dan malam. Maka, kimia darah stabil karena terjadi pertukaran secara rutin dan terus menerus serta fungsi ginjal sisa akan terpelihara dengan baik," papar Jonny.

Sering Minum Energi Drink? Awas, Gagal Ginjal Mengintai!

Perlu dipahami, cairan bersih yang disediakan dari tim medis, bisa dimasukkan sendiri oleh pasien ke dalam selaput perutnya. Nantinya, selaput perut akan memproses dalam beberapa jam dan mengeluarkan racun ke luar tubuh.

"Proses ini bisa dilakukan di rumah, sekolah, kantor, dan bahkan tempat berlibur. Asal, tempat tersebut bisa steril terlebih dahulu dari debu dan bulu binatang, maka proses cuci darah bisa dilakukan dengan bebas." (mus)

Ilustrasi suplemen/vitamin.

Suplemen Jepang Diduga Picu Masalah Ginjal dan Kematian, Telah Dipasarkan ke Sejumlah Negara

Otoritas Kesehatan Jepang menggeledah pabrik kedua Kobayashi Pharmaceutical di Jepang bagian Barat. Penggeledahan ini terkait laporan 5 kematian korban suplemen tersebut.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024